blank
Sekda Edy Sujatmiko saat membuka pelatihan

JEPARA (SUARABARU.ID) – Untuk membentengi sistem informasi di instansi Pemerintah Kabupaten Jepara maka telah dibentuk tim pengamanan siber. Agar personel yang ada dalam tim ini mampu menjalankan tugasnya maka mereka mendapat pelatihan selama dua hari. Kegiatan ini dibuka Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Jepara Edy Sujatmiko di salah satu hotel di Kawasan Bandengan, Jepara.

Dalam sambutannya Edy Sujatmiko mengungkapkan, Pemkab Jepara telah membangun kualitas layanan dengan berbagai inovasi yang melahirkan lebih dari 300 aplikasi. “Namun seolah belum berpikir bagaimana memastikan keamanan sibernya. Bayangkan salah satu aplikasi layanan itu kebobolan, pasti layanannya terhambat,’ kata Edy Sujatmiko.

blank
Kadis Kominfo Arif Darmawan

Karena itu Edy menyebut, pelatihan ini merupakan momen penting untuk memastikan sistem keamanan benar-benar dikuasi.

Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kabupaten Jepara Arif Darmawan mengatakan, tim ini diberi nama “Tim Koordinasi Tanggap Insiden Keamanan Ciber atau Computer Security Insident Response Team (CSIRT)”. Peserta 35 orang dari perangkat daerah hingga badan usaha milik daerah.

blank
Peserta pelatihan

“Pelatihan berlangsung dua hari dengan beberapa materi bertema ‘Kebijakan Keamanan Informasi di Pemerintah Daerah’ oleh pemateri dari Diskominfo Provinsi Jawa Tengah,” katanya.

Menurutnya, pelatihan diperlukan untuk memastikan tim ini memiliki kompetensi pengamanan sebelum secara resmi diluncurkan. Selama ini, portal Pemkab Jepara pun beberapa kali mendapat serangan siber. Kejadian itu diharapkan tidak terulang.

Hadepe