blank
DPC PPP Wonosobo telah mendaftarkan Bacaleg ke Kantor KPU setempat, Jumat (12/5/2023). Foto : SB/Muharno Zarka

WONOSOBO(SUARABARU.ID)-Ketua DPC DPP Kabupaten Wonosobo KH Khoirullah Al Mujtaba atau Gus Itab menyatakan partainya akan menargetkan perolehan kursi di DPRD setempat sebanyak-banyak dari hasil pemilu legislatif (Pileg) yang akan digelar 14 Februari 2024 mendatang.

“Target kursi PPP sebanyak-banyaknya. 10 kursi boleh atau 9 kursi juga boleh. Target itu kan mimpi. Kenapa takut mimpi? Mimpi itu gratis,” ujarnya saat diwawancarai wartawan usai mendaftarkan Bacaleg di Kantor KPU setempat, Jumat (12/5/2823), sore tadi.

Pada kesempatan tersebut, Ketua DPC PPP Wonosobo Gus Itab mendaftarkan langsung sejumlah 40 Bacaleg dan diterima Ketua KPU Asma’ Khozin serta komisioner lainnya. Gus Itab didampingi Sekretaris DPC PPP Rusta Effendi dan anggota DPRD dari Fraksi PPP Humam Hasani.

Selain itu, sejumlah 40 Bacaleg PPP juga turut serta mengantar pendaftaran ke KPU. Dari Kantor DPC PPP di Sapen ke-40 Bacaleg yang mengenakan baju putih dan hijau itu, naik 10 andong (dokar). Sepanjang perjalanan kurang lebih 1 kilometer, iring-iringan andong tersebut mendapat perhatian masyarakat.

Menurut Gus Itab, pendaftaran Bacaleg PPP dilakukan selepas Jumat di seluruh Indonesia, karena dalam Al Quran dinyatakan setelah sholat Jumat maka menyebarlah. PPP ingin bertafaul mengharap berkah hari Jumat. Sehingga ke depan PPP dapat jumlah DPRD yang banyak.

“Bacaleg yang didaftarkan hanya 40. Tapi yang daftar cukup banyak. PPP mau 100 atau 200 Bacaleg bisa, tapi kami tidak mau. Angka 40 juga keramat. Nabi diangkat jadi Rosul di umur 40 tahun. Jumlah di mana ada 40 orang berkumpul, di situ juga ada Wali,” sebutnya.

Jadi Pemenang

blank
Ketua DPC PPP Wonosobo KH Khoirullah Al Mujtaba menyerahkan berkas Bacaleg ke Kantor KPU setempat. Foto : SB/Muharno Zarka

Politisi yang juga pengasuh PP Al Asy’ariyyah Kalibeber itu, juga yakin PPP akan jadi pemenang pileg di Wonosobo. Karena konsolidasi yang dilakukan PPP semakin ngremboko. PPP akan bisa bangkit dan jaya kembali. Sekitar 90 ranting PPP sudah ada dan siap. Tinggal menunggu di-SK-kan.

“Kuota Bacaleg perempuan telah terpenuhi. Tiga wakil rakyat yang saat ini duduk di DPRD semua maju kembali. Insya Allah di tiap Daerah Pemilihan (Dapil) PPP akan dapat 1 sampai 2 kursi. Karena saat ini mesin politik telah siap jalan. Tinggal olinya saja yang nanti perlu ditambahi,” tegasnya.

Dikatakan PPP juga sangat mungkin mendapatkan berkah atau ekor jass dari pencalonan Ganjar Pranowo sebagai Calon Presiden RI oleh DPP PPP pada Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024 nanti. Di DPR RI Dapil Jateng VI DPC PPP juga mengajukan Eko Purnomo, yang notabene pernah menjabat Bupati Wonosobo.

“Soal sistem pemilu, saya yakin terbuka. Tapi mau sistem pemilu terbuka atau tertutup prinsipnya PPP telah siap. Semoga pemilu nanti berjalan lancar, aman dan damai. PPP mendapatkan wakil rakyat yang mberkahi dan mbarokahi untuk masyarakat,” tegasnya.

Ketua KPU Asma’ Khozin mengatakan pihaknya berusaha memberi pelayanan terbaik pada semua partai politik yang mendaftarkan Bacalegnya. Tim verifikator KPU akan mengecek seluruh berkas Bacaleg sesuai persyaratan yang ada. Jika ada berkas yang kurang akan segera dikomunikasikan dengan pengurus parpol.

“KPU Wonosobo membuka pendafaran Bacaleg mulai tanggal 1 hingga 14 Mei 2023. Pendaftaran dibuka mulai pukul 7.30 WB hingga jam 16.00 WIB. Khusus hari terakhir, pendaftaran Bacaleg ditutup sampai pukul 23.59 WIB,” kata dia.

Muharno Zarka