blank
Wakil Wali Kota Surakarta Drs. Teguh Prakoso selaku inspektur upacara pembukaan TNI Manunggal Membangun Desa /TMMD Reguler Ke-116 Tahun 2023 tengah menyerahkan peralatan kerja dalam kegiatan yang berlangsung di  lapangan Prawit ,Banjarsari Solo, Rabu (10/5). Foto: Bagus Adji

SURAKARTA (SUARABARU.ID) – TNI Manunggal Membangun Desa/TMMD Reguler Ke-116 Tahun 2023, Kodim 0735/Surakarta dengan tema ” Sinergi Lintas Sektoral Mewujudkan TNI – Rakyat Semakin Kuat, akan berlangsung selama 30 hari.

Kegiatan dengan sasaran fisik utama pengerasan jalan 467 X 4 meter dibuka secara resmi dalam upacara dipimpin  Wakil Wali Kota Surakarta Drs. Teguh Prakoso di lapangan Prawit, Banjarsari Solo, Rabu (10/5/2023).

Pada upacara dihadiri sejumlah pejabat instansi terkait diantaranya Danrem 074Wrt Kolonel Inf Anan Nurakhman S.I.P , Forkopimda Surakarta serta peserta, Wakil Wali Kota Teguh Prakoso dalam sambutannnya mengatakan, disamping tujuan utama mempercepat pembangunan di wilayah kota Surakarta.

Tetapi tidak kalah penting adalah bagaimana akselerasi TNI- Polri dalam bersatu untuk menjaga kerukunan keamanan dan kenyamanan pada seluruh  elemen serta tokoh/stakeholder di wilayah setempat.

Pemerintah kota Surakarta mengapresiasi  apa yang dilakukan TNI-Polri. Yakni untuk bagaimana di samping menjaga teritorial, kemananan tetapi juga  bisa beradaptasi membangun hubungan antar manusia, warga sesama bangsa lintas  sektoral, agama, budaya. “Ini yang terpenting,” tandasnya.

Masih dalam kesempatan sama Dandim 0735 Surakarta Letkol Inf Devy Kristiono, S.E.,M.Si dalam laporan rencana pelaksanaan TMMD 116 yang dibacakan Kapten Kurdi menyebutkan, di Kampung Balong Baru RW 17 dan RW 18 Kelurahan/Kecamatan Banjarsari.

Sasaran kegiatan berupa pembangunan pengerasan jalan volume  panjang 467 meter , lebar empat meter  dan tinggi 20 CM. Sasaran nonfisik di antaranya penyuluhan wawasan kebangsaan dan belanegara, penanaman ideologi Pancasila.

Juga penyuluhan tentang  pencegahan  penyalahgunaan narkoba  KB Kes dan Posyandu. Selain itu juga dilaksanakan pembagian sembako secara gratis  di wilayah kurang mampu disekitar lokasi TMMD .

Pengerahan tenaga berkisar 350 orang di antaranya Satgqas dan asiten teknis, Pemkot Surakarta  dan masyarakat. “Sumberdana   berjumlah total Rp Rp. 1.403.000.000,-. Terdiri dari APBD Provinsi  Rp. 251.000.000 dan APBD Kota Surakarta Rp 1.152.000.000,“ lapornya.

Bagus Adji