blank

KUDUS (SUARABARU.ID) – Pesilat putri asal Kabupaten, Safira Dwi Meilani akhirnya sukses mempersembahkan medali emas dalam Sea Games 2023 Kamboja.

Safira yang turun di kelas women’s tanding class B, berhasil mempersembahkan medali emas ke 33 untuk kontingen merah putih.

Raihan medali emas Safira sempat diwarnai kontroversi. Safira yang bertanding di final melawan pesilat asal Vietnam, Vietnam Hoang Hong An Nguyen, sempat dinyatakan diskulafikasi oleh wasit asal Malaysia.

Keputusan kontroversi tersebut diambil saat pertandingan hanya tersisa 18 detik. Padahal saat itu, Safira sudah leading jauh dengan skor 61-43.

Alasannya diduga karena Safira berbalik badan dan meringis kesakitan.

Padahal, dari tayangan video terlihat bahwa Safira hanya berbalik badan saja dan sekadar meringis kesakitan, tetapi sama sekali tak berteriak.

Dia baru menangis terisak-isak setelah wasit memutuskan untuk mendiskualifikasinya, padahal dia merasa masih bisa melanjutkan pertandingan.

Keputusan wasit tersebut sontak membuat Safira emosional. Pemegang gelar juara dunia 2022 tersebut sempat menangis dan kecewa luar biasa.

Namun beruntung, banding tim official akhirnya diterima. Dan Safira akhirnya berhak menerima medali emas.

Ali Bustomi