blank
Rais Syuriah PCNU Kudus KH Ulil Albab Arwani. Foto: Ist

KUDUS (SUARABARU.ID) –Rais Syuriah Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama  (PCNU) Kabupaten Kudus KH Ulil Albab Arwani meminta semua warga Nahdliyin untuk ikut serta menyukseskan Pemilu 2024 mendatang. Warga Nahdliyin diminta aktif berpartisipasi demi terpilihnya pemimpin negara yang adil dan menyejahterakan masyarakat.

Seruan tersebut disampaikan KH Ulil Albab Arwani saat memberikan mauidhoh hasanah dalam halal bi halal PCNU Kabupaten Kudus yang digelar di aula IAIN Kudus, Senin (8/5) malam. Hadir dalam kesempatan tersebut seluruh jajaran pengurus Syuriah maupun Tanfidziyah NU Kabupaten Kudus baik dari tingkat pengurus Cabang, MWC, Ranting, Badan Otonom hingga kepala madrasah/sekolah yang ada di bawah lingkungan LP Maarif NU se Kabupaten Kudus.

“Karena wajib hukumnya untuk mendirikan pemimpin yang adil, yang membela Islam,”kata KH Ulil Albab.

KH Ulil Albab pun menyitir guyonan KH Bisri Musthofa (ayahanda Gus Mus) yang menyatakan pemilu hukumnya ‘lebih wajib’ dari salat wajib . Karena jika salat wajib bisa diqodlo kalau terlambat, tapi pemilu tidak bisa diqodlo.

Oleh karena itu, pengasuh Ponpes Yanbuul Quran ini meminta seluruh warga Nahdliyin memastikan semuanya sudah terdaftar sebagai pemilih dalam Pemilu nanti. Jika ada tetangga atau saudara yang belum terdaftar hak pilih, untuk segera didaftarkan agar dalam Pemilu nanti suara warga Nahdliyin bisa bermanfaat untuk menghasilkan pemimpin yang adil.

KH Ulil Albab juga mewanti-wanti  dalam Pemilu nanti semua warga Nahdliyin juga jangan sampai memilih hanya atas pertimbangan uang. Calon pemimpin yang akan dipilih baik di tingkata Eksekutif maupun Legislatif, harus benar-benar figur yang baik, memperjuangkan Islam dan memiliki kepedulian kepada NU.

“Jangan hanya semata-mata karena pertimbangan uang, tapi pilihlah pemimpin yang bisa memperjuangkan Islam dan memiliki kepedulian terhadap NU,”tandasnya.

Senada, Sekretaris Tanfidziyah PCNU Kabupaten Kudus Dr Kisbiyanto menyampaikan secara organisatoris NU mendukung Pemilu 2024 bisa berjalan sukses dan tepat waktu. Oleh karena itu, PCNU Kudus meminta agar

“Seperti pesan Ketua Tanfidziyah PCNU Kudus, KH Asrofi Masyito baik dalam forum ini atau forum lain, PCNU Kudus selalu mendukung agar Pemilu 2024 bisa berjalan sukses dan tepat waktu,”kata Kisbiyanto.

Upaya tersebut, kata Kisbiyanto, dengan maksud agar demokrasi di Indonesia ini bisa berjalan dengan baik, sesuai regulasi, tidak terjadi kegaduhan. Dan pesan khusus bagi penyelenggara Pemilu baik KPU dan jajarannya maupun Bawaslu beserta jajarannya bersama stakeholder untuk terus mendukung agar Pemilu bisa berjalan dengan tepat waktu.

Kisbiyanto menambahkan, untuk figur pemimpin bagi warga Nahdliyin yang terpenting adalah orang yang memiliki komitmen untuk kehidupan bermasyarakat dan bangsa. Dalam persepktif Nahdliyin, wajar seorang pimpinan atau kiai NU menyarankan untuk memilih tokoh yang memiliki perhatian pada Nahdlatul Ulama.

“Jadi bukan hanya orang NU saja, siapapun yang memiliki kepedulian terhadap NU, masyarakat, dan umat bisa juga kita dukung. Kalau ada orang NU yang tidak memiliki kepedulian pada NU, ya tidak perlu dipilih,”Wakil Rektor bidang Kemahasiswan dan Kerjasama IAIN Kudus tersebut.

Ali Bustomi