blank
Ganjar memberikan salam tos, kepada para atlet berkebutuhan khusus yang tergabung dalam SOIna, saat mengikuti pelatnas. Foto: hms

SEMARANG (SUARABARU.ID)- Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo, menghadiri acara Pembukaan Pemusatan Latihan Nasional (Pelatnas) Special Olympics Indonesia (SOIna), menuju 16th Special Olympics World Summer Games (SOWSG) 2023, Berlin, Jerman, di Yayasan Pembinaan Anak Cacat (YPAC) Semarang, Senin (8/5/2023).

”Mudah-mudahan atlet SOIna-nya betul-betul siap. Dan saya suka, karena ada 17 provinsi yang hari ini sudah punya organisasi, untuk bisa memberikan ruang kepada atlet SOIna ini,” kata Ganjar usai acara.

Pembukaan Pelatnas SOIna ini dihadiri Ketua Umum SOIna Warsito Ellwein, perwakilan Kemenpora, perwakilan kepala daerah, hingga para atlet dan pelatih SOIna.

BACA JUGA: ‘Ojo Ela Elu Kalau Tak Tahu…’

Dalam kesempatan itu Ganjar menyampaikan data PBB, yang menunjukkan dari 54 juta anak di Indonesia, ada dua persen di antaranya anak-anak berkebutuhan khusus yang potensial.

”Tentu saja sebagai pemerintah kami mesti bantu, kami dorong, kami fasilitasi dengan cara apa pun. Kami sekarang melihat mereka sudah siap bertanding,” ujar Ganjar, yang menjabat sebagai Ketua Dewan Pembina SOIna.

Dia berharap, dengan adanya Pelatnas SOIna, anak-anak berkebutuhan khusus yang berbakat, bisa memaksimalkan potensinya. Ganjar pun teringat saat mendampingi atlet SOIna, tatkala bertanding di Abu Dhabi pada 2019 lalu.

blank
Para atlet SOIna berebut berfoto bersama Ganjar usai acara. Foto: hms

BACA JUGA: UTBK 2023 UNS Diikuti 30.013 Peserta, Naik 3.001 Dibanding Tahun Lalu

”Saya terkesan betul, betapa anak-anak yang sangat hebat itu mampu menunjukkan dirinya bisa bertanding. Tidak peduli di sebelahnya itu dari negara mana,” ungkap dia.

Cerita haru juga muncul, dari seorang atlet yang akan bertanding di SOWSG 2023. Atlet itu berasal dari Bangka Belitung, dan berasal dari keluarga tidak mampu.

”Mereka berkebutuhan khusus, tetapi menjadi tulang punggung keluarga, dan sekarang menjadi atlet renang. Dan ini untuk pertama kalinya mau berangkat ke Berlin. Mereka luar biasa,” cerita Ganjar.

BACA JUGA: 13 Nama Muncul sebagai Calon Ketua PD Muhammadiyah Grobogan

Ada 42 atlet Indonesia yang akan berangkat ke Berlin, Jerman, untuk SOWSG 2023, yang berlangsung pada 17-25 Juni tahun ini. Atlet SOIna itu terdiri dari 25 atlet, 12 pelatih, dan staf ofisial.

Sebanyak 25 atlet itu akan berkompetisi di tujuh cabang olahraga, yakni atletik, bulu tangkis, boling, senam artistik, senam ritmik, renang dan tenis meja, dengan belasan nomor di dalamnya.

Riyan