Untuk memeriahkan peringatan Hari Jadi Kabupaten Wonogiri Ke-282, digelar event Wonogiri Expo di Alun-alun Giri Krida Bakti depan Kantor Bupati Wonogiri.(Dok.Prokopim Wonogiri)

WONOGIRI (SUARABARU.ID) – Wonogiri Fair dalam memeriahkan peringatan Hari Jadi Kabupaten Wonogiri Ke-282, akan dimulai Minggu (7/5) besok di Alun-alun Giri Krida Bakti depan Kantor Bupati Wonogiri. Berlangsung sampai Senin (22/5) mendatang, acara ini akan menyajikan pula gelaran expo seklaigu menjadi momentum wisata kuliner.

Khusus untuk event Wonogiri Expo, akan digelar Minggu besok (7/5) sampai dengan Rabu (10/5) mendatang. ”Diikuti sebanyak 70 stand dengan 100 peserta,” jelas Kepala Dinas Perindustrian Perdagangan Koperasi (Diperindagkop) Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) Kabupaten Wonogiri, Wahyu Widayati.

Wonogiri Expo Go Nyawiji Migunani ini, akan berlangsung selama 4 hari, menampilkan aneka porduk Batik Wonogiren sebanyak 5 stand dengan melibatkan 13 pelaku UMKM Batik. Termasuk produk-produk batik tulis exlusive hand made (karya tangan yang ekslusif) dari pengrajin batik legendaris Tirtomoyo, Wonogiri.

Kecuali produk aneka jenis batik, juga disajikan 4 stand kerajinan handy craft oleh 8 pengrajin, 4 stand yang menyajikan aneka ragam makanan lokal oleh 13 pedagang di Wonogiri. Berikut 8 stand minuman oleh 10 pedagang minuman plus 5 kopi khas Wonogiri.

Juga disajikan 13 stand aneka jenis kuliner yang populer di Wonogiri oleh 15 pelaku UMKM, 25 stand dari masing-masing kecamatan se Kabupaten Wonogiri. Ditambah stand-stand dari partnership, stand difabel, 5 stand produk agriculture pertanian dan 4 stand produk UMKM.

Mbok Dhenok

Di stand kuliner, akan disajikan menu pecel Bus Sri & Mile Crape, Dimsum Mantoe & Siomay Lumintu, Bakso Jempol, aneka kuliner Jadul Baturetno, Rawon dan Penyetan Makroh, Rica Menthok Lik Pendek.

Juga disajikan kuliner Delica Korean Food, Ayam Goreng Paryanti, Sate Kambing Bu Saimo Gudang Seng, Nila Gurame Sendang, Ayam Panggang Mbok Dhenok, Bakso Penthol Pak Mulyadi dan Kebuli Kambing Aprilia.

Event Wonogiri Expo ini diharapkan akan menjadi kesempatan emas bagi masyarakat konsumen yang ingin belanja aneka produk busana, minuman, makanan, kerajinan dan produk-produk lain yang bernilai khas atau spesifik. Bersama itu dapat sekaligus berekreasi menyaksikan aneka pentas hiburan dan festival kersenian.

Melalui gelaran Wonogiri Expo dan Wonogiri Fair 2023 tersebut, diharapkan dapat memberikan multi player efect  dan menjadi ajang promosi aneka produk Wonogiri dalam upaya membuka pemasarannya. Yang pada gilirannya dapat meningkatkan kesejahteraan produsen, dan menjadi momentum pengungkit bangkitnya perekonomian di Wonogiri.

Bambang Pur