blank
Bupati Blora cek loket pelayanan MPP Blora, di Gedung MPP Jl. Raya Blora-Cepu KM-5, Kecamatan Jepon, Kabupaten Blora, Jawa Tengah. Foto: Kudnadi Saputro Blora

BLORA (SUARABARU.ID) –Satu minggu pascamomen Idul Fitri 1444 Hijriah dan cuti bersama lebaran 2023, Bupati Blora mengecek jalannya pelayanan masyarakat di Mal Pelayanan Publik (MPP) Kabupaten Blora.

Selasa, 2 Mei 2023, di Gedung MPP Jl. Raya Blora-Cepu KM-5, Kecamatan Jepon, Kabupaten Blora, Jawa Tengah.

Kedatangan Bupati Blora tersebut, untuk mengecek dan memastikan loket pelayanan milik OPD Pemkab Blora di MPP sudah aktif melayani masyarakat Kabupaten Blora.

Bupati Blora didampingi Kepala BKD Kabupaten Blora, Kepala DPMPTSP, dan Kepala Dinas Dukcapil Blora, berkeliling meninjau stan-stan maupun loket pelayanan yang ada, pihaknya juga nampak menyapa dan berdialog dengan para pengunjung MPP kaitannya dengan pelayanan pada saat ini.

Pada kesempatan itu, salah satu pengunjung MPP di Blora, Dias (17th) warga Kecamatan Jepon yang pada Selasa pagi, 2 Mei 2023 tengah mengurus dokumen Adminduk.

Dias dan sejumlah pengunjung lainnya nampak tengah antre menunggu panggilan nomor urut dari Loket Dukcapil.

“Iya mas hari ini sudah buka, rencana mau mengurus KTP di sini, di loket (MPP),” ucap Dias, diiyakan yang duduk disampingnya tersenyum.

Hal senada dengan Dias, disampaikan oleh warga Kelurahan Kunden, Kecamatan Blora, Dihar Putrie (17th) menyampaikan sedang menanyakan cara membuat Kartu Tanda Penduduk (KTP) ternyata di Kecamatan sudah bisa melayani pencetakannya.

“Di Kecamatan Blora juga bisa mengurus KTP, jadi lebih dekat mas,” ujar Dihar Putrie.

Sementara itu, Bupati Blora H. Arief Rohman, S.IP., M.Si., menyampaikan berdasarkan pengamatan, setelah lebaran 2023 ini suasana MPP nampak sudah ramai dikunjungi masyarakat yang ingin mengurus berbagai layanan, seperti halnya dokumen Administrasi kependudukan (adminduk), perizinan, dan sebagainya.

“Kita kemarin ada kebijakan dari pusat terkait cuti dan sebagainya, mulai hari ini kita cek kesiapan Dinas Dukcapil dan DPMPTSP untuk pelayanan, ada di gedung depan dan gedung belakang, saya sampaikan terima kasih untuk semua yang sudah kembali memberikan pelayanan kepada masyarakat,” jelas Bupati Blora.

Koordinasi Instansi Vertikal

Bupati Blora juga mengecek kehadiran pegawai pelayanan dari Dinas Dukcapil maupun DPMPTSP. Dengan hasil seluruh pegawai sudah masuk kerja dan tidak ada pegawai yang bolos kerja.

“Tidak ada yang bolos, saya cek sudah masuk semua,” imbuh Bupati Blora.

Saat peninjauan tersebut, masih nampak beberapa stand pelayanan yang masih kosong. Setelah dicek lebih lanjut ternyata loket pelayanan yang masih kosong berasal dari beberapa instansi vertikal, sementara untuk seluruh stan pelayanan OPD Pemkab Blora nampak sudah aktif melayani pengunjung di MPP Blora.

Bupati Blora akan segera berkoordinasi dengan instansi-instansi terkait, sehingga nantinya masyarakat Blora bisa memperoleh layanan secara optimal.

“Ini rata-rata yang (masih kosong) instansi vertikal, kalau dinas-dinas kita sudah masuk semua, nanti yang instansi vertikal akan kita koordinasikan jadwal mereka,” kata Bupati Blora.

Kudnadi Saputro