blank
Kapolres Wonogiri AKBP Andi M Indra Waspada Amirullah (kanan) memimpin apel sinergitas TNI-Polri bersama aparat dari dinas instansi dan pihak terkait lainnya.(Dok.Polres Wonogiri)

WONOGIRI (SUARABARU.ID) – Kapolres Wonogiri AKBP Andi M Indra Waspada Amirullah, Minggu (30/4), memimpin apel sinergitas dalam rangka pengamanan seluruh obyek wisata. Apel diikuti jajaran TNI, Polri bersama aparat dari dinas dan instansi serta pihak terkait lainnya.

Apel di hari ketigabelas pengamanan Hari Raya Lebaran Idul Fitri 1444 H/2023 M ini, digelar di kompleks objek wisata tirta Waduk Gajahmungkur Wonogiri. Ini untuk menandai pengamanan serentak di semua objek wisata yang ada di Kabupaten Wonogiri.

Kapolres dalam amanahnya, mengatakan, kegiatan pengamanan ini dilaksanakan sebagai bentuk atau wujud negara hadir untuk memberikan rasa aman dan nyaman kepada warga masyarakat. Utamanya masyarakat yang sedang merayakan Lebaran Idul Fitri dengan berkunjung ke tempat-tempat wisata yang menggelar event perayaan Lebaran.

Objek wisata yang mendapatkan pengamanan terdiri atas objek wisata tirta Waduk Gajahmungkur di Pantai Sendang Asri Kecamatan Wonogiri Kota. Hari Minggu (30/4), di tempat wisata Waduk Gajahmungkur menggelar event ritual Bakda Kupat sekaligus menandai penutupan acara pekan wisata lebaran.

Kasi Humas Polres Wonogiri AKP Anom Prabowo, menambahkan, objek wisata lain di Wonogiri yang mendapatkan pengamanan TNI-Polri bersama aparat terkait, adalah wisata bahari laut selatan di Pantai Nampu dan Pantai Sembukan yang terletak di Kecamatan Paranggupito, Wonogiri.

Sinergitas

Juga di tempat rekreasi Istana Parnaraya di Kecamatan Sidoharjo, objek wisata Umbul Nogo di Kecamatan Manyaran, Gua Resi di Kecamatan Bulukerto, tempat pelancongan Tegal Simbah di Kecamatan Girimarto, serta sejumlah objek wisata lain yang menggelar event perayaan lebaran di Wonogiri.

Dalam pengamanan, Polri selalu melibatkan unsur TNI dan aparat dari instansi terkait sebagai bentuk dan wujud sinergitas kebersamaan dalam pelaksanaan tugas pemberian pelayanan kepada masyarakat.

Harapannya, masyarakat yang sedang berwisata atau berliburan merayakan Lebaran, bisa merasa aman dan nyaman. Juga dalam upaya mengantisipasi kemunculan gangguan keamanan atau tindak krimininalitas, agar tercipta situasi Kamtibmas yang kondusif .

Kegiatan pemberian pelayanan pengamanan di objek wisata ini, dilaksanakan sampai dengan Senin besok (1/5), atau sampai berakhirnya pelaksanaan Operasi Ketupat Candi 2023.

Bambang Pur