blank
Ilustrasi cara menurunkan berat badan setelah lebaran. Foto: Dok/Pexels

SEMARANG (SUARABARU.ID) – Berbagai makanan lezat yang kita santap selama momen Idul Fitri 2023 tentu memberikan dampak pada tubuh kita. Penambahan berat badan sedikit atau banyak tentu akan terjadi, untuk itu ada baiknya kembali diseimbangkan.

Melansir dari Suara.com, ada beberapa cara untuk menurunkan berat badan setelah lebaran yang bisa kamu coba, simak yuk…

1. Coba puasa sunnah

Setelah merayakan hari kemenangan, kamu bisa mencoba melakukan puasa sunnah. Puasa sunnah Syawal selama enam hari ini bisa membantu mengontrol berat badan yang kamu miliki, dengan catatan kamu juga harus disiplin dalam mengkonsumsi menu sahur dan berbuka.

Ketika melakukan puasa ini, kalori yang masuk ke dalam tubuh idealnya akan berkurang sehingga lemak yang menumpuk bisa digunakan sebagai bahan bakar beraktivitas. Puasa sunah ini memiliki pola yang sama dengan puasa modern yang disebut intermittent fasting.

2. Perbanyak serat

Salah satu jenis nutrisi yang penting dalam rangka menurunkan berat badan adalah serat. Dengan mengkonsumsi cukup makanan yang mengandung serat, maka rasa kenyang akan lekas datang tanpa harus memerlukan porsi makan yang besar.

Dengan begini kamu bisa mengendalikan nafsu makan karena tidak cepat merasa lapar. Keinginan konsumsi makanan kecil juga bisa ditekan, dengan menggantinya menggunakan buah dan sayur secara rutin.

3. Minum air putih sebelum makan

Jangan remehkan segelas air putih sebelum makan. Tips simpel ini bisa membantu kamu menurunkan berat badan yang didapatkan setelah lebaran, karena dengan cara ini kamu akan merasa kenyang lebih cepat.

Rasa kenyang yang datang lebih cepat ini bisa membantu kamu menghindari pola makan berlebihan, yang justru bisa memperparah peningkatan berat badan yang tidak diinginkan.

4. Mengatur pola makan

Cara keempat untuk menurunkan berat badan setelah lebaran adalah mengatur pola makan. Semua orang tahu bahwa godaan opor dan rendang sering membuat pola makan berantakan. Tapi demi kebaikan bersama, kamu harus disiplin dalam menerapkan pola makan yang sehat.

Terapkan jadwal makan yang sama setiap hari, misalnya dengan tiga kali makan utama dengan dua kali camilan. Tubuh akan beradaptasi dengan asupan kalori yang didapatkan, sehingga metabolismenya bisa kembali optimal.

5. Olahraga

Menjadi tips serta cara paling jelas diantara semua cara adalah berolahraga. Setelah selesai dengan semua agenda pulang kampung dan berkunjung ke sanak saudara, olahraga secara rutin bisa membantu tubuh membakar tumpukan lemak yang ada.

Olahraga minimal 30 menit, sebanyak 4 hingga 5 kali dalam seminggu, bisa menjadi jadwal paling sederhana. Baik kardio atau olahraga beban, selama semua dilakukan secara rutin, maka akan memberikan hasil yang optimal.

Itu tadi cara menurunkan berat badan setelah lebaran yang bisa kamu lakukan. Selamat mencoba!

Ning S