blank
Kombes Pol Agus Suryo Nugroho Dirlantas Polda Jateng saat memberikan keterangan pers di simpang Exit Tol Jalan Tol Bawen, Kabupaten Semarang, Kamis (20/04/2023). Foto : Dok Absa

UNGARAN (SUARABARU.ID) Direktur Lalulintas (Dir Lantas) Polda Jateng Kombes Pol Agus Suryo Nugroho secara langsung, lakukan pantauan arus lalu lintas di jalur non tol dan singgah di simpang Exit Tol Jalan Tol Bawen, Kabupaten Semarang, Kamis (20/04/2023).

“Hingga Kamis (20/04/2023) sekarang ini, mulai terjadi peningkatan jumlah pemudik yang memasuki wilayah Kabupaten Semarang. Untuk kondisi ruas jalur non tol/arteri cukup ramai namun tetap lancar. Hal ini terpantau selama dalam perjalanan dari Semarang hingga Simpang Exit Tol Bawen tidak ditemukan kemacetan,” kata Kombes Pol Agus Suryo Nugroho didampingi Kasigar Subdit Gakkum Polda Jateng Kompol M Adiel Aristo dan perwakilan PUPR.

Untuk jalur non tol atau arteri, lanjutnya, sudah cukup ramai namun tetap lancar. Sedangkan, masyarakat yang hendak mudik menggunakan sepeda motor juga mengalami lonjakan. Sedang untuk jalur jalan tol, sampai sekarang ini masih diberlakukan One Way Nasional. Untuk One Way Lokal sementara dihentikan hingga menunggu limpahan arus dari arah Jakarta.

Kasat Lantas Polres Semarang AKP Dwi Himawan C menyatakan, bahwa pihaknya mulai memberlakukan One Way secara situasional dan menunggu informasi jika jalur di Kota Semarang sudah padat. Seperti yang disampaikan Dir Lantas Polda Jateng, bahwa arus lalin terpantau ramai lancar. Untuk One Way atau Contraflow menyesuaikan situasi dan dibuka hingga KM 442 apabila ada situasi kemacetan di dalam Jalan Tol.

“Dengan banyaknya pengguna jalan yang berhenti pada Rest Area, kami sampaikan himbauan bagi pemudik yang menggunakan kendaraan mobil. Jangan lupa benar-benar dipersiapkan teknis mesin maupun kelayakannya. Sehingga dalam perjalanannya tidak mengganggu atau membuat hambatan bagi pengguna jalan lain,” pungkasnya.

Absa