blank
Warga binaan Rutan Wonosobo saat mengikuti lomba LKBB Kreasi. Foto : SB/dok Humas Rutan

WONOSOBO(SUARABARU.ID)-Dalam rangka Hari Bakti Pemasyarakatan (HBP) ke-59 tahun 2023 yang bertemakan “Transformasi Pemasyarakatan Semakin PASTI BerAKHLAK, Indonesia Maju”, para warga binaan Rutan Wonosobo mengikuti meriahkan lomba Latihan Baris Berbaris (LKBB) Kreasi.

LKBB yang juga diikuti seluruh Lapas/Rutan se-Indonesia dengan sistem daring, di Lapas Wonosobo. Lomba digelar cukup unik karena setiap peserta mengenakan baju adat sesuai budaya daerah masing-masing.

Penilaian LKBB Kreasi tingkat Kanwil Kemenkumham Jateng yang diikuti Rutan Wonosobo ini dilaksanakan dengan mengambil video kreasi PBB yang dilaksanakan oleh warga binaan sendiri.

Durasi waktu lomba maksimal 10 menit, kemudian dikirim melalui email yang telah ditentukan untuk selanjutnya dinilai oleh Tim Jurivyang terdiri dari Pimti Kanwil Kemenmkumham Jawa Tengah. Kriteria penilaian meliputi kekompakan, kostum yang dikenakan dan pengambilan audio/video.

Kostum Adat

blank
Warga binaan Rutan Wonosobo peserta lomba LKBB Kreasi foto bersama. Foto : SB/dok Humas Rutan

Kepala Rutan Wonosobo, Narya, di sela-sela kegiatan memberikan semangat dan motivasibkepada Warga Binaan yang lolos seleksi mewakili Rutan Wonosobo dalam ajang LKBB Kreasi tersebut.

“Pada dasarnya pembinaan kepribadian melalui PBB rutin dilaksanakan di RutanbWonosobo sebagai saranan pendisiplinan WBP serta pemberian wawasan berbangsa dan bernegara,” katanya.

Kegiatan tersebut, tambahnya, juga dilaksanakan sebagai upaya evaluasi dari hasil pembinaan yang ada. Tetap semangat dan tampilkan yang terbaik, mudah-mudahan kemenangan bisa didapat.

Warga binaan tampak antusias mengikuti LKBB kreasi ini, mereka menggunakan kostum adat Prajurit Wonosaban sebagai pakaian adat khas Wonosobo. yang biasanya dikenakan pada saat Pisowanan Agung.

Muharno Zarka