blank
Ustaz H. Abdul Harits

JEPARA (SUARABARU.ID) – Masjid Al-Istiqomah Tahunan Jepara menggelar shalat Kusuf atau Gerhana Matahari tepat pada hari ke-29 Ramadhan 1444 H, bertepatan dengan tanggal 20 April 2023. Rangkaian shalat gerhana Kusuf ini dilakukan secara berjamaah, tanpa azan dan ikamah yang dilaksanakan dua rakaat. Pada setiap rakaat melakukan rukuk, qiyam dan sujud dua kali.

“Alhamdulillah, dengan Imam dan sekaligus Khotibnya yakni Ustaz H. Abdul Harits memimpin pelaksanaan salat Kusuf dengan menyerukan as-salatu jamiah, yang dilanjutkan dengan shalat Kusuf secara berjamaah,” tutur H. Agung Wibowo.

blank

Usai shalat Kusuf secara berjamaah, diteruskan dengan khutbah satu kali. Dalam khutbahnya, Ustaz H. Abdul Harits memperingatkan kepada para jamaah bahwa terjadinya fenomena alam gerhana Kusuf ini merupakan peringatan untuk kita semua betapa Allah, Swt. berkuasa atas segala sesuatunya terhadap seluruh alam semesta ini.

Lebih lanjut ditambahkan bahwa peristiwa gerhana matahari ini merupakan momentum yang tepat bagi kita untuk merenungkan betapa dahsyatnya kekuasaan Allah,Swt.

blank

”Mari kita selalu mengagungkan asma Allah, Swt., meningkatkan kualitas kehambaan kita kepada Allah, Swt. Gunakan kesempatan yang langka ini untuk intropeksi diri kita, apakah doa dan takdir yang diberikan kepada kita sudah dijalani dengan benar,” pesannya.

blank

Ustaz H. Abdul Harits berpesan kepada para jamaah bahwa terjadinya peristiwa gerhana matahari ini tidak ada sangkut pautnya dengan kelahiran atau kematian seseorang. Dengan momentum peristiwa gerhana matahari ini untuk meningkatkan kualitas ibadah dan mendekatkan diri kepada Allah, Swt.

blank

“Gerhana juga merupakan peringatan dari Allah, Swt. agar segera bertaubat dari segala dosa dan kekhilafan, menjauhi segala kemaksiatan serta bersegera mungkin untuk melakukan berbagai kebaikan,” ujarnya.

Hadepe – Agung Wibowo