blank
Kantor SAR Semarang gelar simulasi operasi SAR kecelakaan dengan penanganan khusus. Foto: Dok/SAR

SEMARANG (SUARABARU.ID) – Untuk menguji Kesiapsiagaan personil dan alut dalam penanganan arus mudik dan balik lebaran tahun 2023, Kantor SAR Semarang melaksanakan simulasi operasi SAR kecelakaan dengan penanganan khusus.

Simulasi tersebut digelar di Jalan Tol di area Tol Kalikangkung Semarang, Selasa (18/4/2023).

Dalam simulasi diceritakan bahwa pada Selasa, tanggal 18 April 2023 sekitar pukul 05.00 WIB, tim posko siaga lebaran 2023 Kantor SAR Semarang mendapatkan informasi dari salah satu pengguna jalan tol telah terjadi kecelakaan di KM. 413B yang melibatkan sebuah kendaraan mobil Avanza.

Mobil tersebut saat melintasi jalur Semarang-Batang mengalami kecelakaan tunggal karena sang pengemudi diduga kelelahan. Hingga akhirnya mobil itu menabrak pembatas jalan tol yang mengakibatkan pengemudi terjepit bodi mobil dan dalam keadaan cedera.

Setelah mendapat informasi tersebut, tim siaga SAR Khusus posko Kalikangkung dan tim siaga khusus posko Bojong Kabupaten Pekalongan langsung menindaklanjutinya.

“Setelah tiba di lokasi, tim rescue melaksanakan pertolongan dengan membuka akses menuju korban dengan alat extrikasi. Korban diduga mengalami patah cedera tulang belakang, dan dilakukan penanganan di stabilisasi dengan neck collar dan Kendrick Extrikasi Device (KED), dilanjutkan pemindahan korban dengan tandu spinal,” terang Heru Suhartanto selaku Kepala Kantor SAR Semarang yang mengawasi langsung jalannya simulasi.

Menurut Heru, dalam evakuasi membutuhkan waktu kurang lebih 30 menit dari tindakan awal tim rescue hingga berhasil mengevakuasi korban dalam keadaan selamat.

Heru berharap dengan adanya simulasi ini, tim siaga SAR Khusus Lebaran Kantor SAR Semarang mampu melakukan pertolongan dengan maksimal apabila terjadi kecelakaan di jalan raya.

“Bagi pengguna jalan baik di tol maupun jalur umum, apabila mengalami atau menemui kondisi darurat kecelakaan bisa menghubungi nomor (024)115 atau (024) 7629192,” tandas Heru.

Ning S