blank
Kepala Lembaga Kebijakan Pengadaan Barang/Jasa (LKPP), Dr Hendrar Prihadi SE MM bersama Ketua Pembina Yayasan Alumni Undip, Prof Sudharto P Hadi MES PhD, Rektor USM Dr Supari ST MT foto bersama seusai mengisi Kuliah Umum di USM pada 31 Maret 2023. (Foto:News Pool USM)

SEMARANG (SUARABARU.ID)– Universitas Semarang (SUM) pantas sebagai universitas terbaik di Kota Semarang dan Jawa Tengah. Maka tidak salah para mahasiswa memilih kuliah di USM.

Hal itu diungkapkan Kepala Lembaga Kebijakan Pengadaan Barang/Jasa (LKPP), Dr Hendrar Prihadi SE MM dalam Kuliah Umum di Universitas Semarang (USM) pada 31 Maret 2023.

Hadir dalam kegiatan tersebut antara lain Ketua Pembina Yayasan Alumni Undip, Prof Sudharto P Hadi MES PhD, Anggota Pembina Alumni Undip, Ir Soeharsojo IPU dan Drs Kodradi, Rektor USM Dr Supari ST MT, Ketua Yayasan Alumni Undip Prof Dr Kesi Widjajanti SE MM, Ketua Senat USM Prof Dr Hardani Widhiastuti SPsi, MM Psikolog, dan para dekan.

”Menurut saya USM keren, punya rektor yang keren, punya dosen keren, punya pimpinan yang keren dan punya infrastruktur yang memadai,” ungkapnya.

Menurutnya, kalau USM tidak bagus dan kompetitif, tidak akan diminati masyarakat.
Untuk itu, mahasiswa USM patut bangga, karena USM yang akan menyiapkan para lulusan yang siap bersaing di dunia kerja.

”Kalian harus bangga, karena USM adalah kawah Candradimuka,” ungkapnya.

Menurutnya, USM mempunyai jumlah mahasiswa terbanyak nomor satu di Kota Semarang. Banyak faktor yang mendasari mahasiswa memilih kuliah di Kota Semarang.

”Kenapa masyarakat memilih kuliah di Kota Semarang. Ada beberapa alasan antara lain, Kota Semarang dinobatkan sebagai kota terbaik. Selain itu juga banyak perguruan tinggi di Kota Semarang yang telah terakreditasi bagus termasuk USM, tingkat keamanan tinggi, biaya hidup terjangkau, peluang ekonomi besar, dan banyak dikunjungi orang atau turis,” jelasnya.

Dia menambahkan, para mahasiswa USM jangan berharap besar ingin menjadi pegawai negeri sipil (PNS) atau BUMN, karena lowongan yang tersedia di dua lembaga tersebut tidak sebanding jumlah lulusan perguruan tinggi.

”Kalian harus mampu menjadi leadership. Lebih keren lagi Anda menjadi pengusaha. Sebab, dengan menjadi pengusaha, Anda bisa mempekerjakan karyawan,” tandasnya.

Rektor USM, Dr Supari ST MT mengatakan, pihaknya berterima kasih atas kesediaan mantan wali Kota Semarang tersebut berbagi ilmu dengan mahasiswa USM. Selain itu, pihaknya juga berterima kasih atas kesedian Hendi menjadi pengajar di USM.

”Ini kesempatan sangat berharga bagi para mahasiswa USM, karena Pak Hendi meluangkan waktunya untuk berbagi ilmu di USM. Ilmu yang ditularkan Pak Hendi sangat penting, karena dua puluh tahun mendatang, mahasiswa USM ini diharapkan akan menjadi generasi pemimpin bangsa,” katanya.

Muhaimin