blank
Jenazah Almarhum Serma (Purn) Tono, dimakamkan dengan tata upacara militer. Detik-detik penurunan jenazah ke liang lahat, di naungi bendera Merah Putih dan diiringi dengan tembakan salvo.(Dok.Pendim 0728 Wonogiri)

WONOGIRI (SUARABARU.ID) – Upacara pemakaman jenazah secara militer, Senin (13/3), dilakukan di Tempat Pemakaman Umum (TPU) Tembung Boyo, Dusun Dangkrang, Kelurahan dan Kecamatan Purwantoro, Kabupaten Wonogiri.

Yang dimakamkan dengan prosesi tembakan salvo ini, adalah jenazah Almarhum Serma (Purn) Tono. Upacara pemakaman, lebih dulu diawali dengan penyerahan jenazah dari pihak keluarga kepada institusi TNI dalam hal ini Kodim 0728/Wonogiri.

Penerangan Kodim (Pendim) 0728 Wonogiri Pelda Indra, menyatakan, almarhum adalah pemilik NRP 455745, lahir di Wonogiri  Tanggal 9 Oktober 1947, dan tutup usia pada usia 76 tahun. Jabatan terakhir saat berdinas adalah BatiTuud Koramil-19/Purwantoro. Almarhum meninggalkan 4 orang anak, sementara istrinya (Almh) Ny Mudjiyem telah mendahului meninggal.

Sebagai prajurit TNI-AD, almarhum mempunyai sejumlah tanda jasa pengabdian, terdiri atas Satya Lencana (SL) Penegak, SL 8 tahun, SL 16 tahun dan SL 24 tahun, Seroja-4, serta Veteran PKRI (Pejuang Kemerdekaan Republik Indonesia).

Suri Tauladan

Bertindak sebagai Inspektur Upacara (Irup) pemakaman, Danramil-19 Purwantoro, Kapten (Inf) Cris Budiriyanto. Komandan Upacara (DanUp) dipercayakan kepada Serma Suhargo, sedangkan Perwira Upacara(PaUp) Serma Soehendro.

Dandim 0728/Wonogiri Letkol (Inf) Deny Octavianto melalui Kapten (Inf) Cris Budiriyanto, menyampaikan rasa belasungkawa atas berpulangnya almarhum. Kita, tandasnya, merasa kehilangan putra terbaik yang selama ini selalu mengabdikan diri kepada negara dan bangsa. ”Yang patut menjadi suri tauladan bagi kita semua, untuk dapat melanjutkan pengabdiannya kepada negara dan bangsa,” tandasnya.

Keluarga besar Kodim 0728/Wonogiri menyampaikan turut berduka cita yang sedalam-dalamnya. Kepada keluarga yang ditinggal, hendaknya dapat mengikhlaskan. Bersama semua takziyah dilakukan pemanjatkan doa agar almarhum diampuni dosa dan kesalahannya, dan roh arwahnya dapat diterima di sisi Nya.

Bambang Pur