blank
Home Care, layanan kesehatan untuk warga miskin.

JEPARA (SUARABARU.ID)– Pemerintah Desa Tegalsambi, Kecamatan Tahunan, Kabupaten Jepara, membuat terobosan baru dalam bidang kesehatan. Yaitu membuat program layanan kesehatan untuk masyarakat miskin yang diberi nama “Home Care”.

Homecare merupakan salah satu program pemerintah Desa Tegalsambi yang bekerja sama dengan puskesmas dan bidan desa untuk melakukan pelayanan kesehatan dan pelayanan sosial yang diberikan di rumah kepada orang-orang yang cacat atau orang-orang yang harus tinggal di rumah karena kondisi kesehatannya terutama keluarga miskin yang rawan kesehatan atau berisiko tinggi.

Bersama dengan tiga pilar desa dan perangkat desa, Petinggi Desa Tegalsambi Agus Santoso, Senin (7/3/2023) mengunjungi warga yang sakit dan beresiko tinggi. Dari beberapa warga tersebut rata-rata terkena struk dan mempunyai penyakit darah tinggi.

Layanan kesehatan yang menyasar kepada lanjut usia dan disabilitas di Desa Tegalsambi, melalui program Home Care terbilang sukses dengan penerapannya mendatangi dari rumah ke rumah, dan berhasil mengakomodir kebutuhan masyarakat.

Menurut Agus Santoso, program homecare perkembangannya hingga sampai saat ini sangat direspon baik oleh warga masyarakat. “”Saya berharap dengan adanya program ini dapat membantu masyarakat dalam meningkatkan, mempertahankan dan memperbaiki kondisi kesehatan serta terbebasnya warga dari penyakit”, ujar Agus.

ua/fitra