blank
Ketua DPRD Kudus Masan. Foto: Ali Bustomi

KUDUS (SUARABARU.ID) – Ketua DPRD Kudus Masan menegaskan akan mengalokasikan anggaran untuk pembangunan jalan alternatif sebagai solusi mengatasi banjir di ruas jalan Kudus-Undaan turut Desa Tanjungkarang, Kecamatan Jati.

Ruas jalan alternatif tersebut akan segera dianggarkan melalui APBD Perubahan agar jika banjir terjadi, mobilitas warga Undaan yang ke wilayah kota tak terkendala lagi.

Penegasan Masan tersebut disampaikan menyusul genangan banjir di ruas jalan tersebut tak kunjung surut selama berhari-hari.

Banjir di ruas jalan tersebut juga selalu berulang ketika intensitas hujan datang. Akibatnya, ruas jalan di lokasi tersebut rusak dan mengakibatkan kemacetan panjang setiap harinya.

“Saya sebagai warga Undaan, merasakan sendiri bagaimana susahnya masyarakat di sana yang setiap hari harus menembus banjir dan macet di ruas jalan tersebut,”kata Masan kepada wartawan saat meninjau pompa polder Tanggulangin, Selasa (7/3).

Menurut Masan, dengan status jalan Provinsi, Pemkab Kudus memang kesulitan mengatasi banjir ruas jalan Tanjungkarang karena memang bukan kewenangannya.

Oleh karena itu, sebagai solusi jangka pendek, pihaknya ingin membangun jalan alternatif untuk memecah arus lalu lintas di kawasan tersebut.

Dikatakan, terapat dua alternatif jalur yang bisa ditingkatkan. Untuk dari arah Undaan menuju Tanggulangin bisa melalui jalur belajang Kelenteng dan tembus ke jalan Lingkar.

Sementara untuk yang ke arah Pati, bisa melalui ruas jalur SD Jetis Kapuan kemudian tembus ke jalan lingkar.

“Dan kedua jalur tersebut sudah ada dan berstatus jalan Kabupaten dengan lebar 4 meter. Jika dibangun nanti bisa dilebarkan menjadi 6 meter sehingga memudahkan kendaraan roda empat berpapasan,”tandasnya.

Menurut Masan, anggaran yang dibutuhkan untuk pembangunan jalan tersebut juga relatif tidak terlalu besar.

“Anggaran yang dibutuhkan kisaran Rp 5-10 miliar. Dan itu sangat mungkin dilaksanakan tanpa kendala administrasi karena ini statusnya jalan kabupaten,”ujarnya.

Ali Bustomi