blank
Dandim 0728 Wonogiri Letkol (Inf) Deny Octavianto (kedua dari kiri) melantik Anggota Pramuka Saka Wirakartika. Ditandai penyematan brevet ke perwakilan peserta.(Dok.Pendim 0728 Wonogiri)

WONOGIRI (SUARABARU.ID) – Dandim 0728 Wonogiri Letkol (Inf) Deny Octavianto, melantik 118 anggota Satuan Karya Pramuka (Saka) Wira Kartika. Pelantikan ditandai dengan penyematan brevet kepada perwakilan peserta.

Penerangan Kodim (Pendim) 0728 Wonogiri, Pelda Indra, Senin (27/2), menyatakan, upacara pelantikan Angkatan Ke-IX ini digelar di Plasa (Pelataran Serbaguna) Patung Bedhol Desa ujung timur main dam (Bendungan Induk) Waduk Gajahmungkur Wonogiri.

Sebelum dilantik, mereka lebih dulu menjalani perkemahan, pelatihan, pengembaraan, pembekalan materi tentang Krida Saka Wira Kartika selama tiga hari. Pembekalan diberikan oleh Paming Saka Wirakartika Kak Pelda Gatot.

Lokasi pelatihan pengembaraan pembekalan berlangsung di di Alas Kethu, Gunung Gandul, Keron, Randubang dan Petir. Yang kemudian diakhiri di Plasa Patung Bedhol Desa Waduk Gajahmungkur Wonogiri.

Mereka yang dilantik, terdiri atas 34 putri dan 84 pria. Berasal dari pangkalan Kodim 0728/Wonogiri, Koramil-05/Baturetno, Koramil-14/Jatisrono, Koramil-19/Purwantoro, Koramil-22/Slogohimo dan Posramil-25/Paranggupito.

Penegak Pandega

Selaku Pembina Upacara, Dandim menyematkan brevet kepada Aditya Febrianto dan Marsella Alini yang tampil sebagai perwakilan peserta. Bersama itu Dandim juga menyematkan brevet kepada Instruktur Saka Wira Kartika, Kak Eko Mulyanto dan Kak Paryanti.

Dalam amanatnya, Kak Letkol (Inf) Deny Octavianto, menyatakan,
Pramuka Saka Wira Kartika, merupakan salah satu Satuan Karya Pramuka bersifat nasional, dibentuk melalui kerjasama antara Kwartir Nasional (Kwarnas) bersama TNI-AD.

Saka Wira Kartika adalah wadah kegiatan bagi pramuka penegak dan pramuka pandega, untuk meningkatkan kesadaran bela negara melalui pengetahuan dan ketrampilan di bidang matra darat, membentuk patriot bangsa yang setia, berbakti dan menjunjung tinggi nilai luhur bangsa, serta tetap menjaga keutuhan NKRI.

Melalui pembinaan Ke-Pramukaan, diharapkan mampu membentuk generasi muda yang berkarakter dan berwawasan kebangsaan. Mejadi calon pemimpin bangsa di masa depan, agar mempunyai kepribadian yang kuat, bersemangat, pantang menyerah, disiplin, inovatif dan bekerja keras, demi mendorong kemajuan, serta keberhasilan pencapaian cita-cita bangsa.

Bambang Pur