blank
Para siswa SDN IV Mojosongo, Solo, foto bersama di Taman Jaya Wijaya, setelah kerja bakti membersihkan sampah dan melakukan aksi cap tangan massal.(Dok.Basnendar)

SOLO (SUARABARU.ID) – Aksi kreatif membubuhkan cap tangan secara massal dan gerakan bersama membersihkan sampah, dilakukan oleh para siswa Sekolah Dasar Negeri (SDN) IV Mojosongo Surakarta. Ini mereka lakukan dalam ikut memeriahkan peringatan Hari Peduli Sampah Nasional (HPSN) Tahun 2023.

Kegiatan kreatif ini dilaksanakan Selasa (21/2) di Taman Jayawijaya Mojosongo, Solo. Tujuannya, untuk edukasi kepada anak yang sejak usia dini mengenai perlunya menumbuhkan sikap peduli akan kebersihan. Yakni peduli membersihkan sampah di lingkungannya masing-masing, sebagai manifestasi penanaman budaya Perilaku Hidup Bersih Sehat (PHBS).

Semalam, Co Founder Komunikotavisual, Basnendar Herry Prilosadoso, menyatakan, aksi tersebut sebagai media pembelajaran alternatif di luar kelas (outing class). ”Agar para siswa mendapat pengalaman yang bermanfaat,” ujar Basnendar yang juga Dosen Institut Seni Indonsia (ISI) Surakarta.

Kepala Sekolah (Kasek) SDN IV Mojosongo, Rimaharti Dyah Astuti, SPd mendukung kegiatan tersebut, demi menambah pengalaman siswa melalui kegiatan pembelajaran outing class.

Aksi kreatif yang dilakukan oleh sekitar 100 siswa ini, diawali dengan kebersamaan melakukan kerja bakti gotong royong memunguti sampah-sampah yang berceceran di sekitar lokasi. Juga dilakukan aksi cap tapak tangan memakai cairan cat tembok berwarna-warni, yang ditempelkan ke media kertas putih dengan panjang sekitar 5 Meter (M).

Sikap Disiplin

Aksi ini, menjadi media untuk berekspresi bagi para siswa, juga sebagai bentuk dukungan simbolik mengenai pentingnya menumbuhkan sikap kepedulian untuk mewujudkan kebersihan. Utamanya, demi memberikan edukasi perlunya menumbuhkan sikap berdisiplin agar jangan membuang sampah sembarangan.

Para murid yang melakukan aksi kreatif tersebut datang dari siswa Kelas II dan Kelas III, dengan mendapatkan pendampingan dari Guru Mata Pelajaran (Mapel) Pendidikan Jasmani Olahraga Kesehatan (PJOK) Heri Setiawan SPd.

Para siswa terlihat antusias mengikuti aksi yang diinisiasi oleh Komunikotavisual sebagai Project Ke-38 bertajuk Aksi Massal Cap Tangan dan Pungut Sampah, dalam rangka peringatan Hari PPSN Tahun 2023.

HPSN merupakan peringatan tragedi maut terkait peristiwa longsornya sampah di Tempat Pemrosesan Akhir (TPA) Leuwigajah, Cimahi, Bandung, Jabar. Terjadi pada Tanggal 21 Februari 2005. Saat itu, akibat curah hujan yang tinggi dan ledakan gas metana pada tumpukan sampah di TPA, telah mengakibatkan 157 orang meninggal.

Bambang Pur