Komunitas Mahasiswa Berprestasi bersama personel Babinsa, memprakarsai gerakan tanam penghijauan di lereng Gunung Tekil, Desa Sembukan, Kecamatan Sidoharjo, Kabupaten Wonogiri.(Dok.Pendim 0728 Wonogiri)

WONOGIRI (SUARABARU.ID) – Komunitas Mahasiswa Berprestasi bersama personel Babinsa dari Koramil-17 Sidoharjo Kodim 0728 Wonogiri, memprakarsai gerakan tanam penghijauan. Lokasinya di lereng Gunung Tekil, Desa Sembukan, Kecamatan Sidoharjo, Kabupaten Wonogiri.

Penerangan Kodim (Pendim) 0728 Wonogiri Pelda Indra, menyatakan, personel Babinsa yang tampil dalam gerakan penanaman penghijauan tersebut adalah Serda Adi Kusni dan Serda Yudhiarto.

Bersama para mahasiswa, perangkat desa dan warga masyarakat, dilakukan penanaman ratusan bibit tanaman produktif dan tanaman keras. Tujuannya, untuk menghijaukan lereng perbukitan dalam upaya melakukan konservasi lahan dan pelestarian lingkungan, mencegah erosi, dan melestarikan potensi Sumber Daya Air (SDA).

Melalui gerakan massal tanam penghijauan tersebut, juga dimaksudkan sebagai upaya mengantisipasi kemunculan bencana alam. Utamanya bencana tanah longsor di lereng perbukitan yang kondisinya gundul dan masuk wilayah rawan bencana hidrometereologi.

Bersamaan kegiatan tersebut, kepada warga masyarakat di Desa Sembukan, Kecamatan Sidoharjo, Kabupaten Wonogiri, juga diberikan penyuluhan mengenai antisipasi bencana. Kepada warga yang memiliki pohon besar di dekat rumah, diminta kesadarannya untuk memangkasnya.

Bambang Pur