blank

SUARABARU.ID Program pertukaran pelajar University Mobility in Asia and the Pacific (UMAP) Discovery Camp Winter 2023 di Universitas Islam Sultan Agung (Unissula) Semarang diikuti 20 mahasiswa asing (mancanegara).

Koordinator Kerjasama Luar Negeri Unissula, Rio Pribadi mengatakan, para mahasiswa asing ini berasal dari sejumlah Perguruan Tinggi dari delapan Negara yakni Taiwan, Philippines, Bangladesh, Myanmar, Hongkong, Makau, Paraguay, dan Malaysia. Selain diikuti mahasiswa asing, juga diikuti 10 mahasiswa Unissula.

UMAP Discovery Camp 2023 ini akan dilaksanakan selama satu pekan, yakni dari tanggal 11 Februari sampai 17 Februrai 2023. Selama di Unissula para peserta akan menjalani kegiatan di dalam kampus (kelas) dan juga berbagai kegiatan di luar kelas lainnya. ”Unissula sebagai salah satu Perguruan Tinggi yang berkomitmen melakukan kegiatan Internasional, dan salah satunya melalui UMAP Discovery Camp Winter 2023 ini, tahun ini kami menjadi salah satu tuan rumahnya,” jelas Rio Minggu (12/2/2023).

Para mahasiswa tersebut mengikuti kegiatan diantaranya Sustainable Development Goals (SDGs), pengenalan budaya dan tradisi Jawa dan Semarangan khususnya, dan berkunjung ke sejumlah objek wisata dan religi. Diantaranya ke Masjid Agung Jawa Tengah dan objek wisata di Desa Lerep di Ungaran.

Sedangkan pada Ahad (12/2/2023) para mahasiswa asing tersebut mengikuti pengenalan budaya Jawa dan Semarangan, yang berlangsung di Merby Club. Di sini mereka belajar pengenalan macam-macam kain batik, macam-macam ikat kepala, pengenalan wayang, bermain gambang Semarangan, pengenalan minumam rempah, joget Semarangan, dan membatik sampai pewarnaannya.

Para mahasiswa tersebut diantaranya nampak belajar mengenakan dan mengikat tutup kepala, dengan kain batik. Mereka antusias mengikuti sejumlah pengenalan budaya dan berlatih membatik yang digelar meskipun dalam waktu sehari.

Mohamad Ibrahim Jalife Aleman dari Paraguay National Cheng Kuing University (NCKU) mengatakan sangat senang ikut program ini. Dengan mengikuti program UMAP Discovery Camp Winter 2023 ini, menurutnya dia belajar banyak tentang budaya Jawa, sejarah tentang Kota Semarang, tempat-tempat wisata dan lainnya. “Saya senang sekali dan jadi tahu, selain itu orang-orangnya ramah-ramah,” katanyya.

Unissula Tuan Rumah UMAP Discovery Camp 2023 yang diikuti mahasiswa asing dari delapan negara.