BREBES (SUARABARU.ID) : Menghemat energi listrik merupakan salah satu cara penting untuk menciptakan kehidupan yang lebih baik dimanapun kita berada . atas dasar hal tersebut mahasiswa KKN Undip TIM 1 sosialisasikan cara mudah untuk merealisasikan penghematan energi listrik kepada karang taruna sebagai salah satu program monodisiplin yang bertempat di balaidesa , Desa Banjaranyar , Kabupaten brebes pada tanggal 20 januari 2023.
Persiapan program kerja ini diawali dengan melakukan survei daerah lalu dilanjutkan dengan membuat poster sederhana yang berisi beberapa cara mudah yang dapat dilakukan untuk merealisasikan penghematan energi listrik tersebut.
Beberapa cara mudah yang dapat dilakukan yaitu dengan mengatur penggunaan lampu , Beralih ke lampu LED , Menggunakan alat elektronik hemat energi , dan Mencambut colokan jika tidak digunakan . Tujuan penting dari sosialisasi ini agar masyarakat lebih mengetahui betapa pentingnya menghemat energi listrik untuk kehidupan dimasa depan
Dalam keberjalanan proker ini mahasiswa mendapatkan antusias yang besar dari pemuda/pemudi karang taruna di Desa Banjaranyar yang dimana dari hasil keluaran poster yang diberikan mereka berencana untuk memggunakannya Kembali menjadi media sosialissi kepada seluruh masyarakat lewat proker yang akan merekan adakan .
“mengatur penggunaan lampu” ujar saya , mengatur penggunanaan lampu dapat dilakukan dengan mematikan lampu pada siang hari atau jika tidak digunakan .

Yang dimana cara tersebut dapat dijadikan salah satu solusi untuk menghemat energi listrik dirumah ,
Selain mengatur penggunaan lampu , beralih ke lampu LED juga dapat dijadikan cara kedua jika ingin menghemat penggunaan energi listrik karena lampu LED memiliki jangka usia lampu yang lebih lama serta mampu menghasilkan cahaya yang lebih terang dengan daya yang dihasilkan lebih kecil dibandingkan dengan lampu pijar dan CFL .
Kemudian mahasiswa juga menjelaskan 2 cara lainnya yang dapat dilakukan untuk menghemat energi listrik yaitu dengan menggunakan alat elektronik yang hemat energi serta mencabut colokan jika tidak terpakai karena akan tetap mengkonsumsi energi listrik dan berpotensi menyebabkan korsleting dan kerusakan alat energi elektronik serta menjadikan hemat lsitrik sebagai kebiasaan baru yang lebih baik dengan mematikan alat elektronik jika tidak digunakan dan menggunakannya sewajarnya sejak dini .
“Selain dapat mengurangi tagihan listrik menghemat energi listrik juga dapat memberikan beberapa manfaat lain yaitu emisi karbon dioksida yang dihasilkan lebih sedikit , peningkatan Kesehatan masyarakat serta dapat mencegah pemanasan global “ Ujar saya ditya .
Selama kegiatan sosialisasi berlangsung , antusias pemuda/pemudi karang taruna sangat besar dan ditunjukan dengan banyaknya pertanyaan yang masuk serta ucapan terimakasih yang disamapikan kepada saya selaku pembicara .
“ Terimakasih banyak mbak ditya sosialisasi ini sangat memberikan banyak informasi baru kepada kami selaku remaja untuk dapat berfikir lebih mengenai maju lagi untuk menghemat energi listrik untuk kehidupan di masa depan nanti “ Ujar Mas Danny selaku ketua karang taruna
Setelah selesai sosialisai saya memberikan poster yang berisi 4 cara untuk menghemat energi listrik dengan harapan nantinya pemuda/pemudi karang taruna yang hadir dapat menggunakannya untuk melakukan sosialisasi lanjutkan kepada warga desa didesa banjaranyar untuk rencana proker yang akan mereka adakan atau mensosialisasikannya kepada siswa/siswi di berbagai SD di Banjaranyar saat pelaksanaan bimbel rutin berlangsung .