blank
Kerak telur. Foto: Dok/Dapurkobe.co.id

SEMARANG (SUARABARU.ID) – Telur ayam, selain dikonsumsi sebagai lauk-pauk dan aneka makanan lain, juga bisa dibuat campuran makanan enak khas Betawi sebagai makanan kuliner. Apalagi kalau bukan kerak telur.

Apa itu kerak telur? Kerak telur adalah makanan asli daerah Jakarta, dengan bahan-bahan beras ketan putih, telur ayam atau bebek, ebi yang disangrai kering ditambah bawang merah goreng, lalu diberi bumbu yang dihaluskan berupa kelapa sangrai, cabai merah, kencur, jahe, merica butiran, garam dan gula pasir.

Salah satu ciri khas kerak telur ada dalam cara memasaknya, yakni telur yang dibalik ke arah arang saat adonan kerak telor sudah setengah matang.

Dilansir dari Dapurkobe.co.id, makanan khas Betawi ini terbuat dari bahan dasar beras ketan putih, telur ayam dan ebi. Kuliner asli Betawi ini kerap muncul saat perayaan besar di Ibukota, seperti saat HUT Kota Jakarta.

Nah, karena makanan ini agak sulit ditemukan, kamu bisa mengolahnya di dapur sendiri. Resep kerak telur sederhana ini bisa langsung dicoba di rumah. Tidak perlu pakai beras ketan, kamu cukup sediakan nasi putih saja yang dicampur dengan kobe tepung bumbu putih.

Untuk serundengnya, kamu bisa tambahkan kobe bumbu kalasan dan boncabe. Dijamin rasanya nggak kalah mantap dari resep aslinya. Perpaduan tekstur kerak telur yang kenyal di dalam, namun renyah di luar, dan sensasi gurih pedasnya serundeng bikin siapapun yang mencobanya pasti jadi lahap makan.

Cara membuat serundeng
Sangrai kelapa parut hingga kuning kecoklatan.
Masukkan kobe bumbu kalasan. Aduk rata dan masak hingga matang, sisihkan.

Cara membuat kerak telor                                                                                          1. Panaskan wajan, tuang nasi yang sudah dicampur dengan air dan 3 sendok makan kobe tepung bumbu.

2. Ratakan hingga tipis sambil dibolak-balik, masak sampai kering.

3. Masukkan telur yang sudah dicampur dengan serundeng, ratakan di atasnya. Masak hingga matang.

4. Angkat dan beri taburan serundeng, bawang goreng dan boncabe level 10.

Sajikan kerak telor selagi hangat ya…

Ning Suparningsih