blank
Sejumlah karya jepretan mahasiswa baru di tampilkan dalam Pajang Karya Anggota Baru tahun 2023 di Gedung PKM (Pusat Kegiatan Mahasiswa) USM pada Jumat, (27/1/2023). (Foto:News Pool USM)

SEMARANG (SUARABARU.ID) – Unit Kegiatan Mahasiswa Fotografi Universitas Semarang (UKM Fokus USM) menggelar Pajang Karya Anggota Baru 2023 di Gedung PKM (Pusat Kegiatan Mahasiswa) USM pada Jumat, (27/1/2023).

Kegiatan yang mengambil tema ”Food Fotography” itu memajang 23 hasil jepretan anggota baru UKM Fokus.

Menurut Ketua Pelaksana sekaligus Ketua UKM Fokus USM, Yanuar, tujan kegiatan untuk memberikan pendidikan dasar (Diksar) membuat pameran kepada anggota baru.

”Dalam jangka waktu satu minggu mereka mencari karya (hunting) di seluruh daerah Kota Semarang tentang kulineran, jajan pinggiran lah,” ujarnya.

Dia mengatakan, pihaknya membebaskan para peserta untuk menuangkan genre apapun kedalam karya mereka masing-masing, namun harus tetap bertema makanan ”food fotography”.

”Semoga para anggota baru dalam jangka waktu yang panjang tidak akan bosan membuat karya. Ayo kita jelajahi daerah kita sendiri (Kota Semarang), kita naikkan nama daerah kita sendiri, kita berbicara melalui media visual,” tandasnya.

Menurut Pembina UKM Fokus USM, Yoma Bagus Pamungkas MIKom, kegiatan ini merupakan ajang mahasiswa untuk mengasah skill dan mengaplikasikan teori yang telah didapat.
Dia cukup puas dengan hasil karya anggota UKM yang telah ia bina.

Menurutnya, para anggota baru UKM Fokus USM sudah memiliki acuan dasar untuk berkarya, telah berani berekspresi dan mengeluarkan ide-ide mereka.

”Hal ini melatih basic skill mereka agar lebih ahli. Terutama saat ini didunia digital banyak yang menjadi konten creator, fotografer, videographer dan lain sebagainya,” katanya.

Dia berharap, kegiatan ini akan menambah soft skill, hard skill, pengalaman serta portfolio para anggota UKM Fokus USM ketika kelak masuk ke dunia kerja.

”Di dunia kerja itu dibutuhkan hard skill, soft skill dan portfolio yang mempuni apalagi di dunia digital. Oleh karena itu, mulai dari sekarang mulai semester awal kita harus semakin meningkatkan (level up) skill. Nantinya di dunia kerja tak hanya nilai IPK saja yang bersaing,” tandasnya.

Zidan/Mh