blank
Wakil Walikota Tegal, M Jumadi menemui Sekjen Perikanan Tangkap, Trian Yunanda. (foto: Istimewa)

TEGAL (SUARABARU.ID) – Rencana pembangunan Pelabuhan Perikanan Pantai (PPP) Tegalsari, Kota Tegal, Jawa Tengah segera terealisasi melalui anggaran Pinjaman Luar Negeri (PLN).

Hal itu diungkapkan oleh Wakil Walikota Tegal, M Jumadi usai menemui Sekretaris Jendral (Sekjen) Perikanan Tangkap, Trian Yunanda, SPi, MSc, Kementerian Kelautan dan Perikanan, di Gedung Mina Bahari II, Lantai 12, Jalan Merdeka Timur Pusat.

Jumadi menemui Sekjen Perikanan Tangkap, Trian Yunanda untuk berdiskusi tentang kelanjutan rencana pembangunan Pelabuhan Tegalsari, Kota Tegal.

Dalam diskusi Trian Yunanda, menyampaikan, terkait rencana pembangunan Pelabuhan Perikanan Pantai (PPP) Tegalsari, Kota Tegal, Jawa Tengah melalui anggaran Pinjaman Luar Negeri (PLN) dari Agence Française de Développement (AFD) sudah masuk dalam Green Book 2022.

“Proses saat ini sedang dalam pengusulan ke AFD dan akan dilaksanakan additional study untuk memastikan pembangunan tersebut dapat didanai AFD,” kata Jumadi.

Jumadi memperkirakan, September-Desember 2023 sudah ada kepastian pendanaan. Bila sudah ada kepastian ini nanti serah terima PP dari Pemda ke Pusat akan dilaksanakan sebagai prasyarat pembangunan yg dibiayai oleh Pinjaman Luar Negeri Pusat,” katanya.

“Alhamdulillah, mudah-mudahan proses pembangunan program/proyek Integrated Fishing Ports and International Fish Markets, Tegalsari Kota Tegal segera terwujud, tidak ada halangan suatu apapun, on target sehingga bisa mendongkrak perekonomian Kota Tegal,” ungkap Jumadi.

Sutrisno