blank
Mahasiswa Jurusan Pariwisata Universitas Semarang (USM) melakukan Kuliah Kerja Lapangan (KKL) di Dinas Kepemudaan, Olahraga, dan Pariwisata (Disporapar) Kabupaten Kendal Jl. Soekarno-Hatta No. 124 Kendal, pada Senin (16/1/23). (Foto:News Pool USM)

KENDAL (SUARABARU.ID)– Mahasiswa Jurusan Pariwisata Universitas Semarang (USM) melakukan Kuliah Kerja Lapangan (KKL) di Dinas Kepemudaan, Olahraga, dan Pariwisata (Disporapar) Kabupaten Kendal Jl. Soekarno-Hatta No. 124 Kendal, pada Senin (16/1/23).

Kunjungan tersebut didampingi Ketua Prodi S1 Pariwisata USM, Herman Paninggiran, SE., M. MPar.

Herman mengatakan, kunjungan tersebut untuk mengenalkan Prodi S1 Pariwisata USM kepada Disporapar Kendal. Selain itu juga untuk mengetahui strategi dan upaya Disporapar Kabupaten Kendal dalam meningkatkan potensi wisata di Kabupaten Kendal.

”Kerja sama antara pihak akademisi dan pemerintahan dalam pengembangan pariwisata merupakan sinergitas yang harus dibangun terus sesuai dengan konsep pentahelix dalam pariwisata yang unsur-unsurnya terdiri atas Akademisi, Bisnis, Komunitas, Pemerintah (Goverment) dan Media (ABCGM),” ujar Herman.

Kepala Bidang Pariwisata Kartini SSTP, M.M menerima kunjungan dari mahasiswa bertempat di Ruang Rapat Disporapar Kabupaten kendal.

”Kabidpar menyampaikan potensi pariwisata di Kabupaten Kendal yang dikelola oleh beberapa lembaga seperti masyarakat, swasta dan Pemkab Kendal. Seperti di desa wisata Ngresepbalong yang dikelola oleh masyarakat desa, dengan keindahan dan kekayaan alam yang dimiliki desa wisata Ngresepbalong mendapat predikat 100 besar anugrah desa wisata pada tahun 2022,” ungkapnya.

Mahasiswa pariwisata USM juga mengunjungi tempat wisata andalan di Kabupaten Kendal, yaitu Curug Sewu. Curug Sewu merupakan destinasi wisata yang dikelola oleh Pemkab Kendal dan perhutani.

”Curug Sewu memiliki beberapa spot wisata seperti mini zoo, camping ground dan air terjun,” ujar Mugiyo, pegawai Curug Sewu.

Muhaimin