Personel Polsek Selogiri Polres Wonogiri datang ke lokasi untuk melakukan penanganan dan memberikan bantuan pemadaman pada kebakaran bus AKAP di Temrinal Induk Giri Adipura Wonogiri.(Dok.Humas Polres Wonogiri)

WONOGIRI (SUARABARU.ID) – Sebuah bus Antar-Kota Antar-Provinsi (AKAP), Selasa petang (17/1), terbakar di kompleks Terminal Induk Giri Adipura, Wonogiri, Lokasinya di Dusun Krisak, Desa Singodutan, Kecamatan Selogiri, Kabupaten Wonogiri.

Kapolres Wonogiri AKBP Dydit Dwi Susanto dan Kapolsek Selogiri AKP Agus Samsyudin melalui Kasubsi Penmas Humas Polres Wonogiri Aiptu Iwan Sumarsono, menyatakan, bus AKAP yang terbakar milik Perusahaan Otobus (PO) Agung, berplat nomor H 9892 QA.

Tidak ada korban dalam musibah kebakaran yang terjadi Pukul 17.50 tersebut. Posisi bus saat terbakar berada di area parkiran jalur pemberangkatan jurusan Jabodetabek. Kondisinya perpal (berhenti tidak memberikan pelayanan pengangkutan penumpang).

Sebab, bus tersebut tengah dalam penanganan perbaikan mesin yang ditangani oleh seorang teknisi mekanik Montir Zulkiifli (48) asal Desa Jepangpakis RT 2/RW 6, Kecamatan Jati, Kabupaten Kudus.

Konsleting

Upaya pemadaman kebakaran bus AKAP tersebut, dilakukan dengan mendatangkan bantuan satu unit brandweer mobil pemadam kebakaran (Damkar) dari Pemkab Wonogiri. Pemadaman dibantu oleh kru Bus Agung Sejati bersama petugas Terminal Induk Giri Adipura Wonogiri dan personel Polsek Selogiri.

Regu-4 Damkar Pemkab Wonogiri pimpinan Sriyanto, datang bersama 1 unit mobil brandweer untuk melakukan tugas pemadaman kebakaran bus AKAP sampai Pukul 18.30.(Dok.Damkar Wonogiri)

Kepala Unit Pelaksana Teknis Dinas (UPTD) Damkar Pemkab Wonogiri, Joko Santosa, melalui Komandan Regu-4 Damkar, Sriyanto, semalam, menyatakan, tindakan pemadaman dilakukan secara tuntas sampai Pukul 18.30.

Penyebab kebakaran, diduga dari hubungan arus pendek pada sistem kelistrikan terpasang di dalam bus yang mengalami konsleting.

Sumber konsleting diduga dari komponen dispenser, yakni fasilitas air yang memiliki dwifungsi hot and cold yang terpasang di dalam bus. Yakni peralatan untuk menghasilkan air panas dan dingin.

Bambang Pur