Para pemenang lomba menanam

JEPARA (SUARABARU.ID) – Pola pengasuhan anak yang benar sangat penting dalam mengantarkan putra-putrinya mencapai keberhasilan. Pola asuh ini  sekaligus merupakan tanggunjawab orang tua, utamanya ibu  yang memiliki peran sangat strategis sebab sebagai ibu adalah pendidik dan pengasuh utama anak.  Namun pola asuh ini merupakan ilmu yang tidak pernah diperoleh secara formal di sekolah.

Hal tersebut diungkapkan oleh   Ida Fitriningsih saat memberikan penyuluhan tentang perenting yang diadakan dalam rangka peringatan Hari Ibu ke– 94 yang diselenggarakan oleh PKK RT 01 RW 01 Desa Bangsri, Jepara, Kamis (22/11-2022). Kegiatan yang diselenggarakan di rumah  Hj. Saidah dan diikuti oleh para anggota PKK di wilayah tersebut.

Menurut Ida Fitriningsih ada  beberapa macam pola asuh anak mulai otoriter, permisif, oninvolved (tidak terlibat)  demokratis dan kasih sayang. ” Yang memberi dampak kebaikan adalah pola asuh anak yang demokratis  dan pola asuh kasih sayang,” ujarnya

Karena itu menurut Ida Fitriningsih, PKK bisa menjadi tempat ibu-ibu  untuk saling belajar dan meningkatkan kemampuan menjadi seorang ibu. “Disamping itu melalui  PKK juga dapat  menjadi forum  bagi ibu untuk meningkatkan ketrampilannya hingga semakin produktif. Juga ajang sillaturahmi  dengan tetangga untuk mempererat persaudaraan,” ujar Ida Fitriningsih yang juga Kepala SMAN 1 Tahunan Jepara.

Para ibu yang mendapatkan penghargaan karena aktif dalam kegiatan PKK

Sementara Ketua PKK RT 01 RW 01 Desa Bangsri, Nung Betty Wardani Fauzi, menyampaikan tujuan peringatan hari ibu ini adalah untuk meningkatkan kesadaran peran diri sebagai ibu. Juga untuk meningkatkan semangat untuk  aktif mengikuti kegiatan PKK.

Dalam peringatan hari ibu ini  juga diadakan lomba menanam tumbuhan buah, sayur, obat, dalam pot atau wadah. Lomba antar dawis ini dimulai sejak bulan Agustus. Sedangkan penanaman dilakukan pada bulan September dengan mengirim video dalam bentuk link YouTube atau video langsung kepada juri yang terdiri dari Hj. Wasitoningsih, Hj. Darlin, M.PdI dan Ribkhati, S.Pd.

Dari penilaian dewan juri ditetapkan empat pemenang yaitu Juara 1. Dawis 4, ketua ibu Asyifah,  Juara 2. Dawis 3, ketua ibu Nia Lutfi, Juara 3. Dawis 2, ketua ibu Hj. Nunik Saifudin dan  Juara 4. Dawis 1, ketua ibu Mia Noor Afif.

Pada kegiatan tersebut telah diserahkan pula cindera mata kepada  sejumlah ibu yang selama ini aktif dalam kegiatan PKK RT. Mereka yang mendapatkan cindera mata adalah Hj. Rini Ghofar,  Hj. Mur Mugndhor, ,Mamik Tresno,  Yanti Suwoyo, Ida Fitriningsih,  Nung Fauzi, dan   Hj. Arifah, Juga hadiah untuk para juara lomba.

Hadepe – IF