blank
Tim PkM USM memberikan Penyuluhan tentang Pemasaran Produk bagi pelaku UMKM di Kelurahan Kramas, Kecamatan Tembalang, Kota Semarang, baru-baru ini. (Foto:News Pool USM)

SEMARANG (SUARABARU.ID)- Tim Pengabdian kepada Masyarakat Universitas Semarang (PkM USM) memberikan Penyuluhan tentang Pemasaran Produk bagi pelaku UMKM di Kelurahan Kramas, Kecamatan Tembalang, Kota Semarang, baru-baru ini.

Kegiatan dibiayai Universitas Semarang.

Kegiatan yang mengambil tema ”Marketing Public Relations” tersebut diikuti 32 pemilik UMKM di Kelurahan Keramas, Kecamatan Tembalang, Kota Semarang.
Tim PkM USM terdiri atas Ketua Dr. Dra. Nunik Kusnilawati, M.M dan anggota Nining Hidayah, S.E., M.M., Anandha, S.S., M.Pd., Dina Kharisma, S.E., M.M.

Menurut Nunik, tujuan kegiatan agar para pemilik UMKM dapat meningkatkan potensi diri dengan memanfaatkan berbagai soft skills. Peran Marketing Public Relations dalam pemasaran sangat penting, sehingga perlu dimanfaatkan dalam pengelolaan usaha.

”Pemasaran produk yang baik dimulai dari tampilan yang baik,” ujarnya.

Dosen Prodi Manajemen USM ini kemudian memberikan contoh cara membuat tampilan produk agar lebih menarik. Peserta dengan antusias mengikuti kegiatan. ”Mereka aktif bertanya mengenai format apa yang dapat digunakan untuk membuat tampilan yang menarik,” tuturnya.

Dia berharap, kegiatan tersebut dapat membuat pemilik UMKM mengembangkan usahanya dengan profesional. Pelaku UMKM harus selalu berusaha memperbaiki citra produk dan citra usahanya agar mendapatkan kepercayaan dari berbagai pihak.

Lurah Kramas, Yulistiyono, S.E menyatakan terima kasih atas kerja sama pihak Kelurahan Kramas dengan tim PkM USM.

”Dengan kegiatan ini, semoga nantinya bisa meningkatkan keahlian pemasaran para pemilik UMKM di wilayah Kelurahan Kramas. Semua yang hadir adalah pemilik usaha kecil berbagai bidang. Ada yang punya usaha segala olahan bandeng, pengusaha minuman kesehatan, pengusaha di bidang perbengkelan, dan lain sebagainya,” ujarnya.

Muhaimin