blank
Narasumber Hadi Priyanto dan sebagian peserta pelatihan ( Foto: Amaliyatul HR)

JEPARA (SUARABARU.ID) – Peran informasi di era digital  ini sangat penting dan bahkan merupakan kebutuhan esensial masyarakat. Karena itu  budaya literasi harus dikembangkan dikalangan mahasiswa dan bahkan civitas akademika.

Hal tersebut disampakan oleh Hadi Priyanto, Ketua Forum Penulis Jepara Literasi ketika menjadi pembicara dalam Pelatihan Jurnalistik Tingkat Dasar yang diselenggarakan oleh Lembaga Pers Mahasiswa Bursa dan PMII Fakultas Syari’ah dan Hukum Universitas Nahdlatul Ulama (Unisnu) Jepara, Sabtu (17/12-2022).

blank
Penyerahan piagam dari Lembaga Pers Mahasiswa Bursa kepada Hadi Priyanto ( Foto: Amaliyatul HR)

Kegiatan yang dimoderatori Zakiyatul Minah ini  berlangsung di Gedung NU Mantingan dan  diikuti oleh  sejumlah mahasiswa  Unisnu Jepara yang aktif di Lembaga Pers Mahasiswa Bursa.

Menurut Hadi, dalam gerakan literasi ini,  membaca dan menulis harus dikembangkan menjadi kebudayaan dilingkungan kampus. Karena itu pembiasaan membaca dan menulis perlu terus dilakukan.

“Sebab melalui literasi dapat mengoptimalkan kinerja otak  karena mendapatkan asupan berbagai wawasan  dan informasi baru. Jika seorang mahasiswa suka membaca dan menulis dapat dipastikan kemampuan interpersonalnya akan meningkat,  termasuk dalam memahami  suatu,” ujar Hadi Priyanto.

blank
Pelatihan jurnalistik tingkat dasar LPM Bursa dan PMII Fakultas Syariah dan Hukum Unisnu Jepara
(Foto: Amaliyatul HR)

Ia menjelaskan, ada sejumlah jenis tulisan yang dapat menjadi pintu masuk untuk membiasakan menulis mulai menulis berita, feature hingga penulisan arftikel. “Semuanya memerlukan niat dan kesungguhan serta  ketrampilan untuk menentukan tema, topik, penguasaan data dan teknik penulisan,” ujar Hadi Priyanto

Disamping Hadi Priyanto, dihadirkan  pula sejumlah narasumber diantaranya Muhammad Khoirul Anwar dengan materi pengenalan jurnalistik dan wawancara, presenter oleh Budi Hutomo, keredaksian Muhammad David Yusuf  dan dilanjutkan hunting berita dengan lokasi di Pantai Semat.

Kontributor : Amaliyatul HR