blank
BANTUAN - Solidaritas Komunitas Tegal bersama BPBD Kota Tegal mengirimkan bantuan dan relawan. (foto: Istimewa)

TEGAL (SUARABARU.ID) – Solidaritas Komunitas Tegal (SKT) bersama Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Tegal mengirimkan bantuan dan relawan langsung ke lokasi bencana di Kabupaten Cianjur, Jawa Barat.
Koordinator Tegal Peduli Gempa Cianjur, Bagus Arif Prasetyo mengatakan, Solidaritas Komunitas Tegal bersama BPBD Kota Tegal mengirimkan relawan dan beberapa bantuan yang didapatkan dari hasil donasi masyarakat Tegal dan Brebes untuk lokasi yang terdampak bencana gempa di Kabupaten Cianjur, Jawa Barat.
Bantuan logistik sembako seperti beras, mie instan, sarden, air mineral galon, gula pasir, teh, kopi, susu, pampers balita, pembalut, paket jajanan anak, permainan anak, perlengkapan mandi, terpal dan banyak lainya.
Selain itu, Kata Bagus sebanyak 10 personil relawan yang diterjunkan langsung ke TKP untuk membantu dilapangan. Diantaranya membantu mempersiapkan makanan yang akan di distribusikan, mendistribusikan bantuan ke lokasi bencana di beberapa titik posko, membantu pembuatan MCK darurat, mengadakan trauma healing untuk anak-anak dan melakukan pembantuan medis berupa cek kesehatan lansia, anak-anak dan orang yang terluka.
“Ini kloter pertama bekerjasama dengan BPBD Kota Tegal, Sekolah Relawan dan insya allah nanti ada kloter 2 bekerja sama dengan BMT BUM,” terang Bagus, Sabtu (3/12/2022).
Terpisah Kepala Pelaksana (Karlak) BPBD Kota Tegal, Moch. Mabbrur S. STP M.SI menyampaikan,
BPBD Kota Tegal bersama Solidaritas Komunitas Tegal dan Komunitas Relawan Tegal berusaha membantu masyarakat terdampak bencana gempa bumi di Cianjur dengan cara bersama-sama bahu membahu membantu saudara kita yang tertimpa musibah dan berbagi kepada sesama untuk meringankan beban para korban bencana yang ada di daerah terdampak.
“Bantuan tersebut adalah paket makanan, obat-obatan dan juga ada paket rekreasional yang isinya adalah paket anak-anak yang mana bisa untuk digunakan sebagai bantuan trauma healing/pemulihan dampak trauma bagi anak-anak,” tutup Mabrur.
Sebelumnya, Sejumlah komunitas maupun organisasi yang tergabung dalam Solidaritas Komunitas Tegal menggelar aksi galang dana untuk membantu korban gempa bumi Kabupaten Cianjur, Jawa Barat.
Kegiatan Tegal Peduli Bencana Cianjur yang terdiri 40 komunitas dan organisasi yang ada di Kota, Kabupaten Tegal dan kabupaten brebes melakukan inisiatif melakukan galang dana selama empat hari. Dana yang didapat mencapai Rp 20 juta.
Sutrisno