blank
M. Latifun saat mengunjungi Jembatan Kali Tempur yang sedang diperbaiiki (Foto: Hadepe)

JEPARA (SUARABARU.ID) – Lobang  dan kerusakan Jembatan Kali Tempur di Desa Sinanggul, Kecamatan Mlonggo telah teratasi, Senin (28/11/2022). Sehari usai dicek oleh Penjabat Bupati Jepara Edy Supriyanta,  Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (DPUPR) rampung menambalnya menggunakan pelat besi.

Oleh sebab itu, anggota DPRD Jepara M. Latifun yang juga warga desa Sinanggul memberikan apresiasi terhadap kecepatan penanganan  kerusakan Jembatan Kali Tempur oleh Pemda Jepara. Penanganan dilakukan oleh Dinas PUPR Jepara

“Jembatan yang di bangun tahun 1971 dengan bentang 5.m panjang 14. M yang mengalami kerusakan itu pada hari Minggu pagi dilihat langsung oeh  Pj Bupati Jepara. Hari  Senin ini telah diperbaiki dengan menutup yang sangat membahayakan warga yang melintas lubang menggunakan plat baja  ,” ujar Latifun yang juga menjabat sebagai Ketua Fraksi DKBH DPRD Jepara.

Menurut Latifun, kembatan Kali Tempur dulu dilaksanakan dengan sistem swadaya penuh masyarakat Desa  Sinanggul  yang diprakarsai oleh Petinggi Kuwat. Sedangkan konstruksinya menggunakan  batu bata merah mengikuti era/zamannya,” ujar Latifun yang juga Ketua Partai Demokrat Kabupaten Jepara.

Jembatan yang di bangun tahun 1971 ini memiliki manfaat ekonomi yang luar biasa disamping jalur ekonomi masyarakat Sinanggul – Suwawal, juga akses untuk pendidikan, dan sosial  warga Sinanggul dan Suwawal

Dengan rusaknya Jembatan Kali Tempur ini Latifun berharap DPUPR Kab. Jepara untuk memasukan pada renja kegiatan di tahun depan sehingga segera tertangani.

“Sedangkan konstruksi jembatan lama kita harapkan di rubah menjadi konstruksi yang lebih modern tanpa harus menggunakan abutmen di tengah tangah jembatan agar tidak merepotkan  masyarakat di setiap mulainya musim penghujan karena terjadi penyumbatan di kolong/lobang jembatan tersebut,” pinta Latifun.

Hadepe