blank
Pembelajaran akad nikah (Foto: Rofi)

JEPARA (SUARABARU.ID) – Pernikahan puluhan pasangan pengantin siswa SMAN 1 Bangsri ini merupakan pembelajaran praktek prosesi pernikahan. Ini  untuk memenuhi tugas pelajaran Pendidikan Agama Islam, yang diampu oleh Mustofa, M.Pd.I. Salah satu lokasi pernikahan adalah di Tubanan, Sabtu (26/11-2022).

Menurut Indah Ayu, yang memeragakan pengantin putri, prosesi akad nikah ini  adalah pembelajaran praktek. Sehingga harus kompak kolaborasi menuangkan ide menyusun kegiatan sampai terlaksananya praktek dengan baik.

“Kami juga menyiapkan tempat dan menata dekorasi bergotong- royong bersama dalam sati tim, ujarnya. Dengan pembelajaran praktek ini siswa berlatih kolaborasi, gotong royong, tanggung jawab, mandiri juga berpikir kritis,” tambahnya.

Sebelumnya diawali dengan tunangan dan pre-wedding Jumat, 25 Nopember 2022. Prosesi tunangan, pre-wedd dan akad nikah berlangsung di kediaman neneknya Indah Ayu Wica Cahya Putri Maharani salah satu siswa kelas XII IPA 4.

blank

Akad nikah berjalan hikmad, dengan resepsi yang digelar meriah, dihadiri segenap tamu undangan. Pasangan Yusuf Alfian dan Indah Ayu didampingi kedua orang tua mempelai, dengan penghulu M. Iqbal Maulana. Pada acara resepsi pembawa acara dibawakan Sobkha Dina Qonita dan Moris Ilham, Qiro’ah oleh Reza Maulana. Acara benar- benar memukau.

Prosesi akad nikah dijalankan secara lengkap. Sehari sebelumnya acara tunangan dan pre-wedd terlebih dahulu. Sehari sesudahnya baru akad nikah, mulai dari penyambutan mempelai dan keluarga, ijab kabul, sungkeman, penyerahan surat nikah sampai resepsinya.

Dalam penyambutan mempelai dan keluarga dibarengi dengan acara lamaran, keluarga dan teman dari pengantin pria membawa barang- barang yang dikemas cantik dalam bentuk parsel sebagai bentuk seserahan dari pengantin laki- laki ke pengantin perempuan. Dekorasi dan perlengkapan lainnya disiapkan sebaik mungkin, hingga semuanya tertata tiada cela.

Hadepe – Rofi