blank
Basarnas Kantor SAR Cilacap mengirimkan 15 orang personel rescuer untuk membantu proses penanganan dan evakuasi korban gempa bumi di Cianjur. Foto: Dok/SAR

CILACAP (SUARABARU.ID) – Basarnas Kantor SAR Cilacap mengirimkan 15 orang personel rescuer untuk membantu proses penanganan dan evakuasi korban gempa bumi berkekuatan 5.6 Skala Richter di Kabupaten Cianjur, Jawa Barat, Senin (21/11/2022).

“Sebanyak 15 orang rescuer telah kita berangkatkan sore tadi sekitar pukul 17.00 WIB ke lokasi bencana gempa bumi di Kabupaten Cianjur, Jawa Barat,” kata Kepala Kantor SAR Cilacap, Adah Sudarsa.

Menurut Adah, diperkirakan tim akan tiba di Cianjur pada Selasa (22/11) sekitar pukul 01.00 WIB, mengingat perjalanan dari Cilacap menuju Cianjur ditempuh selama 8 jam perjalanan melalui jalur darat.

Dikatakan, gempa bumi berkekuatan 5.6 Skala Richter dengan kedalaman 10 Kilometer itu terjadi pada Senin (21/11) pukul 13.21 WIB yang berpusat di 10 kilometer arah barat daya dari Kabupaten Cianjur, Jawa Barat.

“Selain dukungan personil, Kantor SAR Cilacap juga memberikan dukungan peralatan SAR, diantaranya 1 unit rescue truck compartment, 1 unit truck personil, 1 unit rescue car type II, 1 unit trail Klx, 1 set peralatan evakuasi, 1 set peralatan ekstrikasi, 1 set peralatan CSSR, dan APD personil lengkap,” terangnya.

Tidak hanya rescuer dari Kantor SAR Cilacap dan Bandung, bantuan personil dan peralatan juga dikerahkan dari Kantor SAR Jakarta, Kantor SAR Semarang, dan Basarnas Spesial Grup (BSG), serta potensi SAR Jawa Barat dan sekitarnya, guna membantu proses evakuasi gempa bumi di Cianjur.

Ning Suparningsih