blank
Juara I Coustum Carnival "The Mysteri Inside Of Dalong," (Foto: Lia)

BANDA ACEH  (SUARABARU.ID)- Festival Carnival Putroe Phang ini berlangsung selama 3 hari dimulai dari tanggal 12, 13 sampai 14 November 2022. Sesuai dengan namanya festival ini bertempat di Taman Nasional Putroe Phang di Batoh, Banda Aceh.

Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Aceh menyelenggarakan festival ini dalam rangka menggairahkan semangat masyarakat untuk berkunjung ke situs Taman Putroe Phang dan sekaligus mengingatkan kembali kisah antara Sultan Iskandar Muda dengan Ratu Pahang, Sultanah Kamaliah.

blank
Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Aceh Al Muniza Kamal, SSTP., M.SI. (Foto: Lia)

Pemilihan lokasi dan judul Putroe Phang itu sendiri akan memberikan pengalaman baru kepada para pengunjung untuk dapat melihat keanggunan Taman Putroe Phang pada malam hari yang bertabur lampu dan dekorasi panggung yang epic berlatar bangunan Phang.

Acara ini dibuka langsung oleh Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Aceh, Al Muniza Kamal, SSTP., M.SI., dengan menyalakan  obor. “Saya berharap seluruh rekan-rekan Aceh maupun yang ada di luar Aceh mari kita menjaga warisan ini, seperti tagline kita ‘Lestarikan Budaya, Majukan Pariwisata'” ujar Al Muniza Kamal

blank
Ibu Wakapolda Aceh, Maurina Catur Putri Samsul saat menyerahkan hadiah bagi pemenang ( Foto: Lia)

Acara dilanjutkan dengan penampilan musik dari penyanyi lokal, pementasan tari garapan dan pementasan teater.

Pada hari kedua, barulah ajang untuk para designer untuk menunjukkan karyanya. Terdapat dua kategori yaitu kostum carnival yang harus memiliki unsur kearifan lokal Aceh dan kostum kerajaan dari seluruh Nusantara.

Pada closing ceremony ini dihadiri dan ditutup secara resmi oleh Ibu Wakapolda Aceh,  Maurina Catur Putri Samsul dan juga kepala Dinas Pariwisata Kota Banda Aceh,  Said Fauzan, S.STP, MA. Pada malam puncak diawali dengan penampilan syair dan Teater Rongsokan dari sanggar Putroe Phang,  Sagoe Lhee dan The Budhi.

blank
Teater dengan cerita kisah Suiltan Iskandar Muda (Foto: Lia)

Sedangkan pemenang lomba, Juara 1 Lomba kostum Carnaval designer nya Rahmat Muttaqin tema nya “The Mysteri Inside Of Dalong”. Sedangkan Model untuk juara 1 adalah miski Zuhdiya. Juara 2 lomba kostum carnaval designer nya Nanda dengan model Ditya Riski Tema nya Part of Putroe Phang. Juara 3 lomba kostum carnaval designer nya Arman Fulawan modelnya Sarastea Andira dengan judul Sie Reuboh. Juara favorit sosmed untuk lomba kostum carnaval Huwayna Fishuuri.

blank
Penampilan musik lokal yang memukau penonton (Foto”: Lia)

Sementara untuk Lomba Kerajaan Nusantara  Juara 1 model nya Syafira Mustaqilla desainer nya Pasha Cute dengan judul RATU SHIMA . Juara 2 model nya  Putri Nadilla Effendi desainer nya Muchlisin dengan judul CUT  dan  Juara 3 model nya Cut Ufatussaniah Nur Azhari desainer Cute dengan judul The Sultana

Amaliyatul Hidayah Rofiq, Program Pertukaran Mahasiswa Merdeka Batch 2 di Banda Aceh (Universitas Syiah Kuala)