blank
Para peserta mengikuti Pelatihan Fotografi yang dilaksanakan secara online pada 5 November 2022.

SEMARANG (SUARABARU.ID)-Mahasiswa Ilmu Komunikasi Universitas Semarang (USM) menggelar Pelatihan Fotografi yang dilaksanakan secara online pada 5 November 2022.

Kegiatan menghadirkan narasumber photographer, videographer, sekaligus digital content creator, Wisnu Yulistiyanto. Pada kesempatan itu, Wisnu memberikan materi tentang fotografi secara mendetail.

Menurut Wisnu, cara kerja sensor kamera dengan lensa kamera itu bagaikan otak dan mata yang saling berkesinambungan. Banyak sekali jenis kamera yang memiliki berbagai macam jenis sensor. Semakin besar sensor maka semakin bagus foto yang dihasilkan.

”Hal terpenting dalam fotografi adalah mengetahui apa itu segitiga exposure. Exposure adalah beberapa faktor kombinasi dari berapa lama sensor menangkap cahaya, berapa banyak cahaya yang datang dan seberapa sensitif sensor terhadap cahaya. Hal-hal ini berdasarkan pada 3 hal yaitu ukuran aperture, kecepatan shutter, dan ISO. Dengan mengetahui hal ini anda dapat menentukan gambarmu gelap atau terang,” jelasnya

Setelah paham dan menguasai tentang kamera, katanya, dibutuhkan teknik yang mumpuni untuk menghasilkan gambar yang bagus. Menurutnya, ada 3 unsur yang perlu dipenuhi dalam melakukan teknik fotografi yakni, Shots (teknik pengambilan gambar), Angle, (sudut pengambilan gambar), dan Composition (komposisi didalam gambar).

”Ada banyak sekali macam-macam shots, angle, dan composition. Jika menggunakan 3 unsur ini dengan tepat dan sesuai konsep tema, maka akan menghasilkan jepretan yang bagus, sehingga membuat khalayak terpesona,” ungkapnya.

Dalam kesempatan yang singkat ini, dia juga berpesan agar peserta menjaga akun media sosial mereka.

”Pentingnya menjaga akun sosial media kalian karena sekarang sosial media bisa berfungsi sebagai penunjang kredibilitas, tempat portfolio dan simple cv untuk beberapa karier tertentu. Gunakan sebaik mungkin, jangan sampai kena hack,” tuturnya.

Ketua Panitia, Naufal Nandiwardhana mengatakan, tujuan kegiatan untuk memberikan dasar-dasar fotografi bagi pemula sehingga menaikkan minat mereka pada dunia fotografi.

”Saya berharap, seminar ini membawa banyak manfaat bagi temen-temen dan ilmu yang terkandung dapat menjadi bekal buat temen-temen jika ingin berkecimpung di dunia fotografi,” jelasnya.

Muhaimin