Cuitan Menko Polhukam Mahfud Md.

JEPARA (SUARABARU.ID)- Penantian panjang masyarakat Jepara akan penganugerahan gelar pahlawan nasional untuk Ratu Kalinyamat akhirnya pupus sudah. Pasalnya, melalui akun Twitternya Menko Polhukam Mahfud Md telah mengumumkan bahwa pemerintah akan menganugerahkan gelar pahlawan lima tokoh. Salah satu tokoh tersebut adalah dr HR Soeharto, yang merupakan dokter pribadi Presiden pertama RI, Sukarno.

Cuitan Mahfud Md.

Hal ini disampaikan oleh Mahfud Md melalui akun Twitternya, @mohmahfudmd, pada Kamis (3/11/2022). Penganugerahan gelar pahlawan ini akan dilakukan di Istana Negara pada 7 November 2022.

“Twips. Pemerintah akan anugerahkan gelar Pahlawan Nasional kepada 5 putera pejuang dan pengisi kemerdekaan Indonesia. Kepada daerah-daerah dan instiusi-institusi warisannya dipersilakan melakukan tahniah (syukuran). Penganugerahan gelar oleh Presiden akan dilakukan di Istana Negara tanggal 7 November 2022,” kata Mahfud dalam cuitannya.

“Kelima tokoh tersebut adalah: Dr dr HR Soeharto (Jateng), KGPAA Paku Alam VIII (DIY), dr R Rubini Natawisastra (Kalbar), H Salahuddin bin Talabuddin (Maluku Utara), KH Ahmad Sanusi (Jawa Barat). Semoga arwah para pahlawan negara mendapat surga-Nya,” lanjut Mahfud”, lanjut Mahfud.

Seperti diberitakan oleh suarabaru.id sebelumnya, proses verivikasi telah dilakukan oleh Tim Peneliti dan Pengkaji Gelar Pusat (TP2GP) yang dipimpin DR. Mukhlis Paeni, Senin (29/8/2022) lalu. Selesai melakukan verifikasi, DR. Mukhlis Paeni beserta TP2GP, didampingi PJ Bupati Jepara dan tim pakar Ratu Kalinyamat bertolak menuju Masjid Mantingan dan Makam Mantingan untuk melihat bukti arkeologis peninggalan Ratu Kalinyamat.

Meski telah memenuhi keriteria, keputusan penganugerahan gelar pahlawan tetap berada di tangan Presiden. Menurut Mukhlis, pihaknya hanya memberikan rekomendasi tentang kelayakan akademis.

Hadi Priyanto, seorang akltivis budaya Jepara mengungkapkan, walaupun  mendapatkan anugrah sebagai pahawan nasional, dimata warga masyarakat Jepara Ratu Kalinyamat adalah ratu yang besar yang telah menandai pada ,asanya dengan patriotiosme yang luar biasa.

Hadi Priyanto juga mengungkapkan rasa terima kasih dan pengjargaan kepada Yayasan Dharma Bakti Lestari  dan segenap elemen pengungsung dan pendukung yang telah mengiikhtiarkan pengajuan Ratu kalinyamat sebagai pahlawan Nasional dengan sungguh -sunggh. “Utamanya Wakil Ketua MPR RI  Ibu  Lestari Moerdijat yang telah dengan sepenuh hati dan sungguh-sungguh  berusaha menghadirkan Ratu Kalinyamat dalam panggung nasional,” ujar Hadi Priyanto.

ua