Dekan Fakultas Teknik USM, Dr. Purwanto, S.T., M.T. saat membuka LKMM Pradasar di Auditoium Ir Widjatmoko USM Jl Soekarno-Hatta pada 21 Oktober 2022. (Foto:humas USM)

SEMARANG (SUARABARU.ID)– Sebanyak 239 mahasiswa baru Fakultas Teknik Universitas Semarang (FT USM) mengikuti Latihan Keterampilan Manajemen Mahasiswa (LKMM) Pradasar dan Makrab di Auditorium Ir Widjatmono USM Jl Soekarno-Hatta pada 21-23 Oktober 2022.

Kegiatan yang diadakan organisasi mahasiswa FT USM itu mengambil tema “Dari Beda Jadi Sama, dari Siswa Jadi Maba”.

Para mahasiswa baru FT USM mengikuti Makrab di Kampoeng Djowo Sekatul Kendal. (Foto:humas USM)

Kegiatan menghadirkan tiga narasumber Wakil Dekan I Fakultas Teknik USM, Ferry Firmawan, S.T., M.T., Ph.D, Sentot Banjuadji Dhanawangsa, S.TP. dan Saiful Hadi, S.T., M.Kom.

Hadir dalam kegiatan tersebut antara lain Dekan Fakultas Teknik USM, Dr. Purwanto, S.T., M.T. beserta jajarannya.

”Latihan keterampilan manajemen mahasiswa merupakan sarana untuk memberikan gambaran kepada mahasiswa baru usm agar bisa mempersiapkan diri memasuki dunia pendidikan tinggi. Mahasiswa diharapkan mempunyai pola pikir prestatif dan kritis sehingga bisa memunculkan kader generasi muda yang produktif, andal, dan bisa berpikir secara relefan,” ujarnya.

Dia berharap, dari kegiatan makrab tersebut bisa menjadikan mahasiswa baru dan lama saling akrab.

Ketua Panitia, Nova Syahru mengatakan, kegaiatan tersebut merupakan acara tahunan, dan syukur alhamdulillah setelah 2 tahun kita baru dapat melaksanakan kegiatan ini secara offline karena pandemi.

”Berbagai tantangan dan rintangan yang dialami panitia, tetapi syukur sampai akhir kita dapat dapat merealisasikan kegiatan ini
dengan lancar,” ujar Nova Syahrul (ketua acara)

Dia mengatakan, kegiatan dilanjutkan Malam Keakraban di Kampoeng Djowo Sekatul Kendal dengan didampingi oleh dosen pendamping, Muhammad Sipan, S.T., M.T.

”Dalam makrab juga diselenggarakan sarasehan dengan organisasi mahasiswa Fakultas Teknik, BEM, Dema USM, serta senior alumni Fakultas Teknik. Tujuannya, untuk memperkenalkan lingkungan FT dan mempersatukan mahasiswa baru dan lama Fakultas Teknik seperti semboyan yang terus digaungkan anak-anak teknik yaitu ‘Teknik Satu’,”ungkapnya.

Menurutnya, selama kegiatan, para peserta cukup antusias mengikuti kegiatan yang diberikan panitia seperti outbound, pentas seni, dan holipowder.

”Semua dilakukan per kelompok dengan anggota setiap kelompok yaitu dari berbagai jurusan di Fakultas Teknik,” tandasnya.

Muhaimin