blank
Rapat persiapan Porsema XII (Pekan Olahraga dan Seni Ma'arif) tingkat MTs/SMP Kabupaten Jepara (Foto: Subekhan)

JEPARA (SUARABARU.ID) – Porsema XII (Pekan Olahraga dan Seni Ma’arif) tingkat MTs/SMP segera digelar di MTs Hasyim Asy’ari Bangsri. Kegiatan pesta olahraga dan seni yang digelar dua tahunan ini diikuti 84 MTs/SMP di bawah naungan LP Ma’arif Jepara.

Kegiatan yang melibatkan lebih dari 1000 siswa ini akan digelar pada tanggal 5-6 November 2022 di MTs- MA Hasyim Asy’ari Bangsri dan sekitarnya. 9 cabang olahraga dan 12 cabang seni akan dipertandingkan dan dilombakan.

Mualimin, Plh. LP Ma’arif NU Jepara sekaligus Ketua KKMTs 02 Jepara saat memberikan arahan rapat koordinasi panitia mewanti-wanti agar panitia maksimal dalam penyelenggaraan.

“Kesuksesan itu ada di pundak para pembina . Sukses itu bukan berarti tidak ada kendala. Namun bagaimana pembina  bisa memberi solusi dalam setiap kendala,” paparnya. Oleh karena itu, Mualimin meminta siapapun yang ditunjuk sebagai panitia harus bekerja maksimal dan profesional meskipun masing-masing memiliki peserta yang ikut berlaga.

Porsema XII Kabupaten Jepara di samping sebagai ajang silaturahmi, pengembangan potensi, dan penggalian talenta-talenta di bidang olahraga dan seni, juga dalam rangka menyambut Porsema XII tingkat Jawa Tengah yang akan digelar di Semarang pada bulan Februari 2022.

Panitia pusat dan panitia lokal terus berkoordinasi membangun sinergitas guna menyambut perhelatan akbar dua tahunan ini. Mizan Sya’roni, Sekretaris  Panitia menuturkan bahwa pembukaan Porsema akan dihadiri PCNU, Ka. Kankemenag Jepara, Pengurus YPI Aswaja Bangsri, Kapolsek, Danramil, MWC NU Bangsri, kepala MTs dan SMP di bawah naungan LP Ma’arif Jepara. ” Capaian persiapan kami sudah 80 persen tinggal pemantapan venue pertandingan yang akan kami selesaikan minggu ini, ” tutur Mizan.

Terkait dengan dewan juri,  panitia sangat selektif dalam rangka menjamin Porsema XII berjalan fair.” Kami sangat hati-hati dalam menunjuk dewan juri, profesional, tidak menjadi pelatih peserta Porsema menjadi pertimbangan utama. Oleh karena itu, kami bekerja sama dengan Unisnu, SMP-SMA, dan profesional yang tidak ada kaitan langsung dengan peserta, ” tegas Ngateman Bolo.

Adapun venue pertandingan menempati area sekitar MA Hasyim Asy’ari untuk cabang seni, gedung PGRI untuk cabor bulutangkis,  Kecamatan Bangsri untuk pencak silat pagar Nusa,  SMK Fadlun Nafis untuk bola voli putra, lapangan Bangsri untuk lari, dan GOR Asyafa untuk cabor futsal. “Semoga kegiatan ini berjalan lancar dan sukses.” Papar Hasmaji, koordinator panitia lokal.

Di tingkat MA/SMK/SMA Porsema XII Kabupaten Jepara akan diselenggarakan di MA Miftahul Huda Bulungan pada tanggal 11- 12 November 2022, sedangkan di tingkat MI/SD diselenggarakan pada tanggal 2-3 November 2022 di MI Matholibul Huda Mlonggo.

Hadepe – Subekhan