blank
Usai evakuasi korban tenggelam di Pantai Karangmeso Kabupaten Batang, tim SAR gabungan membawa korban ke RSUD Batang. Foto: Dok/SAR

SEMARANG (SUARABARU.ID) – Seorang warga Desa Botolambat Kandeman, Kabupaten Batang yang tenggelam di Pantai Karangmeso Kabupaten Batang pada Minggu (16/10) berhasil ditemukan dalam keadaan meninggal, Senin (17/10/2022).

Korban, Romadhon (40) ditemukan tim SAR gabungan sekitar pukul 09.20 WIB dalam keadaan sudah tak bernyawa.

Kepala Kantor SAR Semarang, Heru Suhartanto menjelaskan, saat kejadian pada Minggu (16/10) sekitar pukul 13.00 WIB korban tengah memancing bersama 5 orang temannya menggunakan kapal sopek yang dikemudikan Darso.

“Jumlah penumpang 6 Person on Boat (POB), terdiri dari 5 penumpang dewasa dan 1 anak kecil. Mereka berangkat dari Pantai Sigandu Kabupaten Batang menuju Pantai Karangameso Desa Depok Kecamatan Kandeman Kabupaten Batang untuk memancing,” ungkap Heru.

Dikatakan, kira-kira sekitar pukul 17.00 WIB saat mereka asik memancing tiba-tiba kapal sopek yang ditumpanginya miring kekanan karena tidak seimbang. Sehingga kapal sopek tersebut terbalik dan tenggelam.

“5 orang berhasil diselamatkan oleh kapal yang sedang melintas, namun 1 orang belum ditemukan. Diduga korban terjepit di sela kapal, hilang tenggelam,” jelasnya.

Selanjutnya Kepala SAR Semarang memberangkatkan 1 tim rescue untuk melakukan pencarain dan pertolongan disertai alut SAR air.

“Upaya pencarian tim SAR gabungan dibagi menjadi 2 Searcah Rescue Unit ( SRU). SRU 1 melaksanakan penyisiran dengan 4 perahu karet di sekitar tempat kejadian, dan SRU 2 melakukan penyisiran susur darat sepanjang pantai Karangmeso,” tuturnya.

“Setelah dilakukan pencarian, pada Senin (17/10) pukul 09.20 WIB tim SAR gabungan berhasil menemukan korban di arah barat dari titik lokasi kejadian kurang lebih 200 meter dalam keadaan meninggal dunia,” kata Heru.

Setelah dievakuasi korban dibawa ke RSUD Kabupaten Batang untuk penanganan lebih lanjut.

Ning Suparningsih