blank
Pengelola Kedai Kopi Pucuke Kendal, Indra tengah menyeduh kopi di kedainya yang berlokasi di Dusun Gunungsari Desa Ngesrepbalong, Kecamatan Limbangan Kabupaten Kendal. Foto: Ning Suparningsih

SEMARANG (SUARABARU.ID) – Anda pecinta kopi? Jangan ngaku pecinta kopi kalau belum merasakan nikmatnya ngopi di Kedai Kopi Pucue Kendal.

Kopi adalah minuman hasil seduhan biji kopi yang telah disangrai dan dihaluskan menjadi bubuk. Kopi merupakan salah satu komoditas di dunia yang dibudidayakan lebih dari 50 negara. Dua spesies pohon kopi yang dikenal secara umum yaitu Kopi Robusta (Coffea canephora) dan Kopi Arabika (Coffea arabica).

Bagi anda warga Semarang dan sekitarnya pecinta kopi, rasanya belum lengkap jika belum mampir di Kedai Kopi Pucuke Kendal. Kedai Kopi Pucue Kendal ini terletak di Dusun Gunungsari Desa Ngesrepbalong, Kecamatan Limbangan Kabupaten Kendal.

Tempat kedai ini memang lumayan jauh dari perkotaan. Meski terbilang jauh, kedai yang dikelola karang taruna ini banyak diburu masyarakat, terutama mereka yang akan mengunjungi Curug Lawe Secepit Kendal.

Indra, pengelola Kedai Pucue Kendal mengaku, sebelumnya tidak pernah kepikiran untuk mendirikan kedai kopi ini. “Dulu tidak pernah kepikiran ingin punya kedai kopi. Dan tak disangka, sekarang malah mengelola kedai ini,” kata Indra kepada Suarabaru.id, Minggu (16/10/2022).

“Dulu teman-teman berinisiatif dan bergotong-royong seadanya. Jadi kita benar-benar gotong royong. Pelan-pelan kita buat, hingga akhir 2020 berdirilah Kedai Kopi Pucue Kendal. Dan pada awal 2021 kita mulai buka,” ungkap Indra.

Namun, karena saat itu adalah masa PPKM, Indra dan teman-temannya sempat tidak optimis. Dan begitu ada pembukaan PPKM, tak diduga banyak pengunjung yang datang,” katanya.

Menurut Indra saat pertama kali buka, ada 9 orang yang ikut mengurus kedai ini. Namun usai pandemi Covid-19 hingga sekarang hanya tinggal 4 orang saja.

Untuk harga secangkir kopi sendiri bervariasi. Indra mematok harga sangat terjangkau yakni antara Rp. 7.000 hingga Rp. 15.000 saja.

Sedangkan untuk harga kemasan 250 gram jenis Kopi Arabika Rp. 50.000, dan 100 gram Rp. 25.000. Sementara jenis Kopi Robusta 250 gram Rp. 30.000 dan 100 gram Rp. 15.000.

Sebagai teman ngopi, kamu juga akan disuguhi aneka gorengan yang sangat cocok disantap sambil menikmati kopi dalam suasana udara yang segar dan bersih.

Indra mengatakan, untuk pengunjung di Kedai Kopi Pucue Kendal saat malam hari biasanya dibanjiri kawula muda. Namun untuk pagi hingga sore sering menjadi pilihan keluarga, bahkan orang tua.

“Kita buka setiap hari mulai pukul 08.00 WIB hingga malam. Mereka dari kalangan muda hingga orang tua, bahkan dari keluarga banyak yang datang,” jelasnya.

Selain buat nongkrong, kedai ini sering diboking untuk acara-acara tertentu. “Biasanya ada yang reservasi buat pelatihan, outbond maupun ngecamp,” kata Indra.

Indra berharap kedepan bisa memiliki fasilitas dan peralatan yang lebih menarik, untuk menambah daya tarik pengunjung yang datang.

Bagi kamu yang masih penasaran, buruan datang di Kedai Kopi Pucue Kendal. “Jangan ngaku pecinta kopi ya, kalau belum singgah di sini,” ucap Indra.

Ning Suparningsih