blank
Almoez Ali (foto: qfa.qa)

SUARABARU.ID – Qatar merupakan tuan rumah untuk Piala Dunia 2022. Di ajang turnamen yang disebut sebagai The Greatest Show on Earth ini, Qatar tergabung dalam Grup A bersama Belanda, Ekuador dan Senegal. Dibandingkan dengan ketiga negara tersebut, Qatar merupakan yang paling miskin pengalaman di ajang Piala Dunia.

Qatar bahkan belum pernah satu kali pun tampil di putaran fina. Mereka nampaknya menggunakan cara cepat untuk meraih tiket di putaran final Piala Dunia melalui jalur sebagai tuan rumah. Dari catatan yang ada, Belanda akan menjalani Piala Dunia untuk kali ke-11 di Qatar nanti, Ekuador kali keempat dan Senegal kali ketiga.

Dari tiga negara yang berada satu grup, Qatar sejauh ini belum pernah berhadapan dengan Belanda dan Senegal. Sedangkan dengan Ekuador sudah pernah bertanding tiga kali, dengan hasil masing-masing sekali menang dan satu kali seri. Pada pertemuan terakhir yang digelar di Stadion Jassim Bin Hamad, Doha, Qatar, 2018 silam, tuan rumah sukses mengalahkan Ekuador dengan skor 4-3. Inilah yang membuat mereka percaya diri dalam menatap Piala Dunia di negara mereka sendiri.

Sayangnya Qatar memiliki catatan buruk pada tiga pertandingan uji coba terakhir, yaitu mencatat dua kali kalah dan satu kali seri. Kekalahan dialami saat menghadapi timnas Kroasia U23 dengan skor 0-3 dan menelan kekalahan dari Kanada dengan skor 0-2. Satu hasil imbang mereka dapatkan ketika melawan tim Amerika Latin, Chile, dengan skor 2-2.

Pada Piala Dunia nanti Qatar masih akan mengandalkan pemain-pemain bintangnya saat ini, yaitu Almoez Ali, Akram Afif, dan Hassan Al Haydos. Almoez Ali sudah membela negaranya sebanyak 76 kali dengan mencetak 39 gol, sementara Afif memiliki caps 85 dengan 25 gol. Haydos juga memiliki catatan mengesankan dengan mengemas 34 gol dari 165 pertandingan untuk negaranya.

Selain ketiga pemain bintang yang paling menonjol tersebut, sederet pemain lain bakal menjadi andalan negeri petrodolar tersebut. Antara lainAbdelkarim Hassan, Boualem Khoukhi, dan Karim Boudiaf. Sedangkan pemain muda Qatar yang mungkin akan bersinar adalah Yusuf Abdurisag, Mohammed Waad, dan Homam Ahmed.

Nur Muktiadi