blank
Praurit TNI dari Koramil-22 Slogohimo Kodim 0728 Wonogiri, tampil memprakarsai gerakan penghijauan massal menanam bibit buah-buahan.(Dok.Pendim 0728 Wonogiri)

WONOGIRI (SUARABARU.ID) – Para Anggota TNI dari Koramil-22 Slogohimo Kodim 0728 Wonogiri, tampil memprakarsai gerakan massal penanaman penghijauan. Ini dilakukan bersama para siswa, aparat dari dinas terkait, pamong desa dan warga masyarakat.

Dandim 0728 Wonogiri Letkol (Inf) Deny Ocatavianto melalui Penerangan Kodim (Pendim) Pelda Indra, menyatakan, gerakan massal penanaman penghijauan dilakukan dalam upaya menjaga kelestarian lingkungan dan konservasi alam.

Untuk kali ini, lokasinya di Desa Tunggur, Kecamatan Slogohimo, Kabupaten Wonogiri. Personil Koramil yang yang tampil memimpin adalah Serda Sujoko, Serda Awaludin dan Serda Novi Wahyu. Kegiatan ini, melibatkan petugas Penyuluh Kehutanan dan Perkebunan, Endah Sisilowati.

Massa yang melakukan tanam penghijauan adalah para siswa dari SMK Pancasila 8 Slogohimo, pamong desa dan warga masyarakat. Jenis bibit yang ditanam terdiri atas Alpukat, Plum dan Durian.

Danramil-22 Slogohimo, Kapten (Inf) Prahwoto melalui Babinsa Serda Sujoko, mengatakan, kegiatan penghijauan yang dilakukan bersama warga tersebut, merupakan upaya TNI-AD untuk membantu pemerintah, dalam mengkampanyekan arti penting tentang penghijauan bagi kelestarian lingkungan.

Sengaja memilih jenis tanaman produktif buah-buahan untuk ditanam, karena untuk menciptakan lingkungan yang lestari dan teduh, dalam ikut menanggulangi dan mengurangi dampak negatif dari adanya pemanasan global (global warming).

Di sisi lain, warga masyarakat peduli menjaga kelestariannya karena dapat memetik buah yang dihasilkan. Yakni untuk dikonsumsi maupun untuk dijadikan dijual sebagai penambah penghasilan dalam meningkatkan kesejahteraannya.

Bambang Pur