blank
Bupati Kebumen Arif Sugiyanto didampingi Wakil Bupati Ristawati Purwaningsih memebrikan SK kepada Kepala Pelaksana BPBD yang baru Haryono Wahyudi, Kamis 29/9.(Foto:SB/Dinas Kominfo)

KEBUMEN (SUARABARU.ID) – Bupati Kebumen Arif Sugiyanto kembali merotasi delapan Pejabat Tinggi Pratama eselon II.

Kini di Pemkab Kebumen masih ada empat jabatan tinggi pratama atau kepala dinas eselon II yang masih kosong. Yaitu Kepala Dinas Pendidikan, Kepemudaan dan Olar Raga, Kepala Dinas Pertanian dan Pangan, Kepala Inpektorat serta Kepala Dinas Kesehatan, PengendalianPenduduk dan Keluarga Berencana.

Pelantikan 8 Pejabat Tinggi Pratama itu berlangsung di Pendopo Kabumian, pada Kamis (29/9) dan dihadiri jajaran Forkompimda. Hadir pula Ketua DPRD Kebumen Sarimun dan Wakil Bupati Kebumen Ristawati Purwaningsih.

Mereka yang dilantik dan menempati jabatan baru Agung Pambudi menjadi Staf Ahli Bupati (SAB) Bidang Kemasyarakatan dan Sumber Daya Manusia. Sebelumnya ia menjabat sebagai Kepala Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP).

Muhamad Arifin dilantik menjadi asisten III Sekda Bidang Administrasi Umum. Sebelumnya ia menjabat sebagai Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan.

Sri Kuntarti dilantik sebagai Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan, sebelumnya ia menjabat sebagai Sekretaris DPRD. Kemudian Munadi dilantik sebagai Sekretaris DPRD, sebelumnya ia menjabat sebagai Kepala Pelaksana BPBD Kebumen.

Haryono Wahyudi dilantik sebagai Kepala Pelaksana BPBD, sebelumnya ia menjabat sebagai Kepala Dinas PUPR. Kemudian Joni Hernawan dilantik menjadi Kepala Dinas PUPR, sebelumnya ia menjabat sebagai Kepala Dinas Lingkungan Hidup, Kelautan dan Perikanan.

Adapun Asep Nurdiana kini menjabat Kepala Dinas Lingkungan Hidup, Kelautan dan Perikanan. Sebelumnya ia menjabat sebagai Kepala Dinas Pendidikan, Kepemudaan dan Olah Raga. Dyah Woro Palupi dilantik sebagai Kepala Dinas DPMPTSP, sebelumnya ia menjabat sebagai Kepala Inspektorat.

Sesuai Kebutuhan Organisasi

Bupati Kebumen Arif Sugiyanto pada kesempatan itu menyatakan, pergeseran Pejabat Tinggi Pratama merupakan hal biasa sesuai kebutuhan organisasi yang dibenarkan oleh UU. Pelantikan sempat tertunda dua kali karena padatnya kegiatan.

“Pelantikan ini untuk penyegaran organisasi, hal yang lumrah, dan Alhamdulillah hari ini bisa digelar, setelah sebelumnya sempat tertunda dua kali karena padatnya kegiatan,” ujar Arif Sugiyanto.

Bupati menyampaikan selamat kepada pejabat yang dilantik, ia yakin mereka punya kemampuan dan kapasitas yang mumpuni untuk menempati posisi jabatannya yang baru, sehingga bisa bekerja lebih baik dari sebelumnya.

“Saya lihat para kepala dinas yang dilantik juga sudah banyak menoreh prestasi di bidangnya masing-masing. Saya ucapkan terima kasih atas dedikasi dan kinerjanya selama ini, semangat dan kerja keras harus terus dijaga, meski sekarang menempati posisi jabatan baru,”jelasnya.

Bupati juga meminta kepada para pejabat untuk menjalankan tugas sesuai aturan tidak menyalahgunakan kewenangan. “Saya tidak meminta apa pun, kecuali bekerja dengan baik, taat aturan dan berikan yang terbaik untuk kemajuan Kebumen,”pintanya.

Misalnya beberapa pesan yang disampaikan Bupati, yakni kepada Dinas PUPR, Bupati meminta kepala dinas terkait untuk mengurangi bertemu dengan pengusaha penyedia jasa, tidak boleh masuk ke ruang kerja kepala dinas, ada ruang konsultasi khusus.

“Jangan lupa di kantor diperbanyak CCTV, pertemuan di ruang konsultasi tidak boleh sendiri, minimal tiga orang, dan tidak boleh melakukan pertemuan dengan penyedia jasa di luar kantor,” ucapnya.

Bupati mengakui, sejauh ini ada dua posisi kepala dinas yang kosong. Dinas Pendidikan, Kepemudaan dan Olah Raga serta Inspektorat. Pihaknya menyebut masih mencari orang-orang yang tepat untuk menempati posisi dua dinas tersebut sesuai kriteria.

“Kita masih mencari orang yang tepat, karena Inspektorat ini harus diisi orang yang ahli hukum, dan memahami auditor. Kemudian ada dua lagi posisi kepala dinas yang kosong yakni Distapang dan Dinas Kesehatan dan sekarang masih dalam tahap lelang,”tandasnya.

Komper Wardopo