blank
LAZ ANNUR PT. Indonesia Power (IP) Semarang PGU bersama Inisiatif Zakat Indonesia (IZI) Jateng menyerahkan bantuan lapak berkah kepada warga Kelurahan Tanjungmas Semarang. Foto: Ning Suparningsih

SEMARANG (SUARABARU.ID) – LAZ ANNUR PT. Indonesia Power (IP) Semarang PGU menggandeng Inisiatif Zakat Indonesia (IZI) Jateng menyerahkan bantuan lapak berkah kepada warga Kelurahan Tanjungmas Semarang, Kamis (22/9/2022).

Kali ini pihaknya memberikan kepada 5 orang warga Kelurahan Tanjungmas yang setiap harinya berjualan makanan keliling.

Ketua LAZ ANNUR PT. Indonesia Power Semarang PGU, Sutarto menyampaikan, program lapak berkah ini sudah berkembang sejak 5 tahun bersama IZI Jateng.

“Setiap tahun kita adakan kegiatan program lapak berkah. Dan tahun 2022 ini ada 10 lapak berkah yang kita serahkan,” kata Sutarto.

Dalam evaluasi sendiri, ada beberapa yang mengalami peningkatan, sedangkan yang kurang akan dilakukan pembinaan.

“Akan ada pembinaan, akan ada pendampingan. Jika ada yang kurang atau ada gerobak yang rusak akan kita perbaiki,” ujarnya.

“Untuk bantuan modal yang benar-benar kurang akan kita usahakan,” tandas dia.

Camat Semarang Utara, Margo Hariyadi mengapresiasi kegiatan yang dilakukan dari LAZ ANNUR Indonesia Power bersama IZI Jateng.

“Terima kasih kepada LAZ ANNUR PT Indonesia Power Semarang dan IZI Jateng yang telah memberikan bantuan untuk warga Tanjungmas,” ujarnya.

Menurut Margo, selama pandemi kemarin, banyak warga yang tidak bisa beraktivitas. “Semoga dengan bantuan ini mereka bisa memanfaatkannya untuk membantu kesejahteraan keluarga,” terang dia.

Dia mengatakan, di wilayah Kecamatan Semarang Utara ini ada sekitar 5000 lebih Usaha Mikro Kecil dan Menegah (UMKM). “Bantuan dari LAZ ANNUR ini merupakan berkah untuk mereka,” tukas dia.

“Kami berharap kedepan bantuan lapak berkah untuk warga Tanjungmas yang merupakan ring satu PT Indonesia Power bisa bertambah,” sambung Margo.

Sementara itu Kepala Perwakilan IZI Jateng, Djoko Adhi Saputro menambahkan, selain pemberian lapak berkah ini, mereka juga diberikan bantuan sarana usaha.

“Termasuk alat masaknya jika ada yang rusak akan kita suport juga. Kita ingin mereka bisa berkembang,” ucap Djoko.

Untuk nilai religi yang dibangun menurut Djoko, pendampingan pembinaan yang dilakukan spiritnya adalah harus bersyukur dan bersabar.

“Ini kan diberikan dari sekian pilihan orang. Bagaimana semangat bersyukurnya. Mereka harus bersabar dalam kondisi apapun, dan harus tetap bersemangat,” tuturnya.

“Kita berharap dari semangat kebaikan itu jadi keberkahan dari usaha,” pungkas Djoko.

Ning Suparningsih