blank
PT Indonesia Power (IP) Semarang PGU dan IZI Jawa Tengah support program sosialisasi anti stunting kelas Calon Pengantin (Catin) di Puskesmas Bandarharjo Semarang. Foto: Dok/IZI Jateng

SEMARANG (SUARABARU.ID) – PT Indonesia Power (IP) Semarang PGU dan IZI Jawa Tengah support program sosialisasi anti stunting kelas Calon Pengantin (Catin) di Puskesmas Bandarharjo Semarang.

Dalam penyelengaraan kelas calon pengantin ini diikuti oleh 18 pasang Catin.

Seksi Kesehatan Anak dan Remaja Dinas Kesehatan Kota Semarang, Nur Fatimah menyampaikan, kegiatan ini bertujuan agar Catin mendapatkan haknya, yakni hak mendapatkan screening kesehatan sebelum menikah, dan hak mendapatkan edukasi sebelum melakukan pernikahan.

“Kelas Catin penting diikuti karena untuk mempersiapkan calon ibu yang sehat, sehingga nantinya tidak menyumbang angka kematian ibu,” ujarnya, Senin (19/9/2022).

Selain itu diharapkan si ibu bisa melahirkan generasi yang sehat dan bebas stunting. Kelas Catin ini juga memberikan bekal bagi calon pengantin terutama dalam mempersiapkan kehamilan yang sehat dan melahirkan generasi yang sehat pula.

Sementara itu Amu Comdev PT Indonesia Power Semarang PGU, Dadan Budiansyah menyebut, program ini adalah sebagai dukungan anti stunting. “Kegiatan ini untuk mensuport penanganan anti stunting oleh pemerintah. Kami bekerja sama untuk membantu meneruskan generasi sehat dan kuat,” ujar Dadan.

Kepala UPTD Puskesmas Bandarharjo, dr. Suryanto Setyo Priyadi menambahkan, pihaknya bersama KUA dan dinas lain rutin menyelenggarakan program kelas Catin.

“Kali ini ada dukungan langsung dari PT Indonesia Power Semarang PGU, terimakasih atas dukungannya,” ungkap dr. Suryanto.

Muhammad Rizky (20) salah satu peserta sosialisasi Catin mengaku senang bisa mengikuti kegiatan ini. Menurutnya, banyak ilmu yang didapat dan menjadi bekal untuk persiapan menikah nanti.

Ning Suparningsih