blank
Ayu Mulyana, mahasiswa Program Studi D3 Manajemen Perusahaan, Fakultas Ekonomi Universitas Semarang (FE USM) bersama para siswanya dalam program Kampus Mengajar Angkatan Ke-4 di SD Negeri Kalirejo 1, Kecamatan Bawang, Kabupaten Batang.(foto:humas USM)

SEMARANG (SUARABARU.ID)– Ayu Mulyana, mahasiswa Program Studi D3 Manajemen Perusahaan, Fakultas Ekonomi Universitas Semarang (FE USM) lolos program Kampus Mengajar Angkatan Ke-4 di SD Negeri Kalirejo 1, Kecamatan Bawang, Kabupaten Batang.

Selain Ayu, mahasiswa Fakultas Ekonomi USM yang lolos program Kampus Mengajar adalah Alfiana Syaharani yang mengajar di SDN Betahwalang Bonang Demak), Muhammad Reza Amanulla (SDN 4 Kuwaron, Gubug, Grobogan), Alfina Damayanti (SDN 3 Sambung, Godong, Grobogan), Bela Pristiandani (SDN Purborejo, Bansari, Temanggung), Vicki Utami (SMP Islam Terpadu Pati unus, Karangawen, Demak), Dewi Susanti (SDN 1 Jetaksari, Pulokulon, Grobogan), Rizkisya Sarah Intania (SMP Kristen Gergaji, Semarang Selatan), dan Ayu Asmaul Fitri (SMP Kristen Gergaji, Semarang Selatan).

Ayu mengatakan, program kampus mengajar ini dimulai dari pembekalan serentak pada Juli lalu. Penerjunan mahasiswa yang lolos program tersebut dimulai 1 Agustus hingga Desember 2022.

”Program kampus mengajar fokus pada literasi dan numerasi, sehingga saya membuat banyak program untuk meningkatkan kemampuan literasi dan numerasi siswa yang masih rendah, akibat dampak pandemi Covid-19 yang mengharuskan mereka belajar dari rumah. Program seperti pojok calistung, pojok dongeng, pembiasaan profil pelajar Pancasila, dan banyak lagi sesuai kondisi yang dibutuhkan sekolah. Saya juga membantu adaptasi teknologi dan berbagai macam kegiatan administrasi di sekolah,” ujarnya.

Menurutnya, banyak hal yang menarik yang dirasakannya mengingat kegiatan ini merupakan pengalaman pertamanya, seperti para siswa yang sangat antusias mengikuti pembelajaran. Dia menyampaikan terima kasih kepada pimpinan USM dan fakultas yang telah membantu proses seleksi hingga sekarang ini.

”Saya berterima kasih dengan pihak kampus karena mendukung penuh kegiatan kampus mengajar, khususnya fakultas ekonomi yang sangat sigap dan tanggap dalam merespons berbagai pertanyaan khususnya tentang konversi SKS dan berbagai permasalahan lain, sehingga saya bisa fokus pada program kampus mengajar,” ujarnya.

Dia mendorong mahasiswa USM lainnya agar tidak ragu mengikuti berbagai program positif yang diadakan oleh Menteri Pendidikan tersebut, karena USM sangat mendukung para mahasiswa.

Muhaimin