blank
Dandim 0728 Wonogiri Letkol (Inf) Deny Octavianto (kanan) menyaksikan keberhasilan Tim TNI-AD yang berhasil melakukan pembuatan sumur bor di Dusun Selur, Desa Ngargoharjo, Kecamatan Giritontro, Kabupaten Wonogiri.(Dok.Pendim 0728 Wonogiri)

WONOGIRI (SUARABARU.ID) – Jajaran TNI-AD melalui Kodim 0728/Wonogiri, Kamis (15/9), berhasil melakukan eksplorasi pengeboran sumur di Dusun Selur, Desa Ngargoharjo, Kecamatan Giritontro, Kabupaten Wonogiri.

Hadir dalam pengeboran sumur tersebut, Dandim 0728/Wonogiri Letkol (Inf) Deni Oktavianto, Anggota DPRD Nuryanto, Letda (Inf) Sapto Parjoko dari Korem 074/Warastratama.

Ikut hadir pula Camat Giritontro, Edi Sumindro, Danramil-09/Giritontro Kapten (Inf) Agus Priyanto, Kapolsek Giritontro AKP Aman Margono, Pasiter Kapten (Inf) Eko Budi, Anggota PAL Kostrad Sertu Nurcholis, Kepala Desa (Kades) Ngargoharjo, Sumadi, bersama para Mahasiswa UNY (Universitas Negeri Yogyakarta) yang menjalani KKN.

”Ini adalah program TNI-AD, sebagai salah satu upaya untuk membantu kesulitan rakyat. Yakni dengan membantu mendukung tersedianya air bersih,” jelas Dandim Wonogiri Letkol (Inf) Deny Octavianto.

Penerangan Kodim (Pendim) 0728 Wonogiri, Pelda Indra, menambahkan, sebelum melakukan eksplorasi pengeboran, lebih dulu dilaksanakan survei dengan menggunakan peralatan yang disebut geolistrik. Peralatan pendeteksi mata air di dalam tanah ini, sebelumnya juga sukses digunakan di beberapa tempat di kabupaten yang lain di wilayah Jawa Tengah.

Kontribusi Positif
 
Berkaitan dengan keberhasilan pengeboran sumur di Dusun Selur, harapannya dapat untuk memenuhi kebutuhan air bersih warga masyarakat. Kata Dandim, prioritas pemanfaatannya untuk memenuhi kebutuhan air bersih skala rumah tangga.

Tapi tidak menutup kemungkinan, apabila debit airnya mencukupi, dapat juga digunakan untuk mengairi tanaman pertanian yang ada disekitarnya, dengan pengaturan penggunaan secara efektif efisien.

”Pembuatan sumur bor ini dapat memberikan kontribusi positif, utamanya untuk mendukung upaya Pemkab dalam menghadirkan layanan air bersih,” tandas Dandim. Sehingga dapat memberikan manfaat yang besar, untuk meningkatkan taraf hidup masyarakat.

Hadirnya sarana fisik air bersih ini, diharapkan semakin mengurangi jumlah warga terdampak kekeringan di Wonogiri selatan. Camat Giritontro, Edy Sumindro, mengucapkan terima kasih kepada TNI AD melalui Kodim Wonogiri, yang telah peduli membantu warga masyarakat dalam pemenuhan air bersih melalui pembuatan sumur bor.

Bambang Pur