blank
Para bakul Pasar Wonogiri Kota, menggelar olahraga senama sehat bersama. Menampilkan Instruktur Senam, Watik, pedagang sepatu dan tas.(Dok.Pasar Wonogiri Kota)

WONOGIRI (SUARABARU.ID) – Bersamaan dengan peringatan Hari Olahraga Nasional (Haornas), Jumat (9/9), para bakul Pasar Wonogiri Kota, menggelar senam sehat bersama. Lokasinya di halaman depan sisi timur.

Tampil memimpin senam sehat bersama ini, Instruktur Senam, Watik, yang sehari-hari berjualan sepatu dan tas di Lantai 1 Pasar Wonogiri Kota. Gerakan senam mereka berlangsung sesuai dengan irama musik yang mengiringinya.

Kepala Pasar Wonogiri Kota, Yato Baloeng, menyatakan, senam sehat bersama ini merupakan inisiatif para bakul. Diagendakan dapat rutin dilaksanakan pada setiap Jumat pagi. Tujuannya, untuk mengolahragakan para bakul, dalam kiat mewujudkan kesehatan dan kebugaran jasmani.

”Kami para Pegawai Pasar juga dilibatkan untuk turut serta senam bersama para bakul,” jelas Yato Baloeng.

Hari Olahraga Nasional (Haornas) diperingati setiap tanggal 9 September oleh bangsa Indonesia. Penetapan Haornas tercantum dalam keputusan Keputusan Presiden (Keppres) Nomor 67 tahun 1985.

Awal penetapan Haornas, diinisiasi berkat penyelenggaraan Pekan Olahraga Nasional (PON) pertama pada Tanggal 9-12 September 1948 di Surakarta, Jawa Tengah. PON pertama secara resmi dibuka oleh Presiden Soekarno, dan ditutup oleh Komite Olimpiade Republik Indonesia (Kori), Sri Sultan Hamengkubuwono IX.

Bambang Pur